March 4, 2020

Bunda Cekatan Kelas Ulat Minggu 7

Bismillahi...
Alhamdulillah Tugas Bunda Cekatan di Kelas ulat-ulat sudah memasuki pekan ketujuh. Rasanya perjalanan ini begitu panjang. Pada pekan ketujuh kami semua diminta untuk menepi dan merenung bagaimana proses perjalanan ini sudah berlangsung.
Pada minggu pertama, saya makan makanan terkait ilmu agama yaitu bagaimana belajar sholat sifat nabi. Karena saat itu makan makanan tersebut, maka saya memberikan ilmu yang saya peroleh (potluck) ke teman-teman sesuai ilmu yang saya makan pekan itu.

“Ulat akan memakan makanannya, daun terlezat, daun terenak
sesuai kebutuhannya”

Kebutuhan tersebut sesuai dengan apa yang kami tuliskan di mindmap. Saat saya melihat kembali mindmap saya, ternyata memang banyak kebutuhan ilmu yang saya ingin penuhi. Namun tidak semua harus dipenuhi secara online di kelas ini. Jadi saya makan sewajarnya saja, saya ingin tuntas atau maksimal dalam mencari ilmu tersebut dengan sistem belajar mandiri. Pada minggu kedua ini kami semua disuruh berbagi potluck dengan kemasan video ataupun audio. Dari sini saya merasa bahwa saya bukan apa-apa. Ilmu Allah begitu luasnya. MasyaAllah...

Banyak sekali ilmu yang dibagikan di kelas ini. Setiap dari kita memberikan ilmu, bahkan dalam satu ilmu pun banyak cabang yang masih bisa digali lagi dengan tema yang sangat variatif. Semakin kecil rasanya dimata Allah, semakin merasa takdzim atas keMaha BesaranNya.

“Andai lautan yang menjadi tintanya dan ranting-ranting pohon di seluruh bumi menjadi penanya, maka tak akan cukup untuk menuliskan ilmu Allah yang luas biasa banyaknya."

Saat saya merasa kecil tersebut saya sadar harus bagaimana menyikapi diri yang haus akan ilmu. Pada minggu ketiga kami semua mendapat tugas untuk menemukan anggota baru yang memiliki interest yang sama. Saya sedikit merasa ragu ketika saya harus berada dalam limit ilmu yang sedang saya cari di antara orang-orang yang mencari. Kiranya apa yang bisa saya tuntaskan untuk mencarinya di sini? Maka berbekal potluck yang saya bagikan ke teman-teman saya memutuskan untuk bergabung dalam keluarga yang memiliki interest yang sama namun didalamnya setidaknya saya sudah memiliki ilmu tersebut. Harapannya agar bisa semakin  mendalami dan mengembangkan proyek family yang sudah berlangsung. 

Akhirnya saya memilih keluarga bermain dengan anak. Dalam keluarga ini saya menemukan kenyamanan dan ghiroh belajar yang sama karena memang passion saya ada di situ. Tapi sayangnya ini melenceng dari kebutuhan ilmu utama saya. Merenungi keadaan ini saya sadar ada yang harus saya ubah dalam fokus mendapatkan ilmu. Saya harus membuat pengelompokan tempat memperoleh ilmu yang ada di mindmap saya. Alhamdulillah setelah saya koreksi, maka saya berkeliling mencari ilmu yang saya butuhkan. Ilmu tersebut tentu tidak jauh-jauh dari apa yang dibahas di dalam grup bermain dengan anak. Dua ilmu yang saya pelajari tersebut adalah Islamic Montessori dan Reggio Emilia. 

Di sini saya justru menemukan poin baru, apa yang menarik untuk bisa diaplikasikan dalam kehidupan saya membersamai ananda. Istilahnya saya belanja ide di sini dan menemukan banyak hal yang memang saya perlukan juga. Namun hal itu bagian kecil dari mindmap saya. Akhirnya pada minggu kelima kami melakukan camping ground, menemukan teman-teman baru dari berbagai regional untuk saling berkenalan dan menanyakan perjalanannya selama di kelas ini. Poin utamanya adalah menanyakan keluarga favoritnya. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak teman yang bisa saling bersapa dan akhirnya pada minggu keenam kami bisa saling berbagi hadiah. Dari hal itu kami menjalin kedekatan lagi dan tentunya saling berdiskusi apa yang menjadi interst bagi kami.MasyaAllah...

Sejauh perjalanan ini, saya merenungi setiap hal yang saya peroleh dalam perjalanan ini. Ada ilmu, teman dan kebermanfaatan diri. Saya semakin semangat untuk terus menjadi pembelajar mandiri dan mencapai misi hidup saya selama di dunia. Semoga Allah ridhoi saya untuk mendulang pahala dalam goal kelas ulat ini nantinya. Aaamin ya Rabbal alamiin..



 

No comments:

Post a Comment