February 18, 2020

Bunda Cekatan Kelas Ulat Minggu 5




“Memperbanyak teman, menambah wawasan, dengan wawasan yang luas akan meningkatkan rasa percaya diri”

Alhamdulillah.. masuk pekan kelima. Artinya ini adalah jurnal saya yang kelima di kelas Bunda Cekatan. Setelah berkeliling memungut ilmu di hutan pengetahuan dengan modal mindmap. Kami semua ditugaskan dalam “Camping Ground”.

Apa itu Camping Ground?
Camping Ground / Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan yang dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan untuk rekreasi atau refreshing untuk lepas dari rasa stress dan bosan yang berhari-hari tertumpuk. 
Anggap saja Camping Ground kali ini adalah refreshing kami dari kelelahan saat berkeliling dalam hutan ilmu pada pekan lalu. Hehe..

Lalu apa saja tugasnya?

Kami diarahkan kembali untuk berkeliling namun kali ini berkeliling untuk mencari teman. Minimal kami harus menemukan lima orang untuk mengadakan Camping Ground ini. Kami akan saling bertukar sapa dan membicarakan perihal perjalanan selama di Kelas Bunda Cekatan. Ada pertanyaan dominan meliputi:
1.     Apa saja keluarga yang dipilih?
2.    Apa saja ilmu yang dipelajari?
3.    Apa keluarga favoritnya? dan
4.    Apa alasannya?
Kemudian setelah menemukan teman-teman dan melakukan camping ground, selanjutnya adalah membuat list jejaring pertemanan kita dan mengemasnya dalam sebuah diagram yang menunjukkan kelas favorit.

Cara menemukan teman untuk camping ground?

Saya mengamati terlebih dahulu beberapa cara yang dilakukan teman-teman.
1.     Ada yang membuat posting tulisan di FB secara terbuka untuk melakukan camping ground dalam tugas bunda cekatan. Mereka saling berkenalan melalui kolom komentar. Berlanjut ke inbox dan juga WA.
2.    Ada juga yang mengirimkan chat dengan format tertentu ke DM di IG atau inbox FB teman-teman di kelas Bunda Cekatan. Kemudian berlanjut menunggu respon untuk bisa chatting dan melakukan pendataan.
3.    Ada juga teman-teman yang membuat link gform dengan listnya masing-masing, membuat format tulisan tertentu dan mengirimnya kesejumlah teman-teman di Keluarganya.
4.    Dan tentunya banyak lagi cara yang lainnya saya berhenti dalam pengamatan lain terhadap cara orang dalam membuka komunikasi.

Jujur saya tidak tertarik dengan ketiga cara di atas. Saya lebih suka menjapri teman-teman di grup dan melakukan obrolan mengalir tanpa tekanan dengan alasan membuat jurnal. Natural saja, memang karena ingin chatting, ngobrol ringan sehingga ada komunikasi dua arah. Senang rasanya jika chat saya mendapat feedback, ada diskusi ringan, ada sharing hangat yang saya nilai sebagai keramahan diri. Semacam itu saya lebih suka.

Inginnya saya juga menjapri teman-teman yang saya pilih di FB dan meminta no WA mereka. Sayangnya cara saya kurang efesien dan saya tidak ingin mendapati diri kecewa saat tidak mendapatkan respon yang hangat dari mereka. Go A Head!
Akhirnya terpaksa saya coba dengan membuat Gform namun hanya berisi Nama Lengkap dan pilihan Keluarga Favorit. Dua poin saja. Link ini kemudian saya drop di WAG HIMA. Memang tak banyak yang merespon terkait tingkat kepedulian, kesibukan dll. Baiklah…

Link tersebut saya minta tolong isi di sela-sela obrolan japri saya dengan teman-teman dari berbagai regional. Jadi sekalipun saya sudah dapat rekam secara tekstual, namun saya juga ada backing dari link gform. Seru!! Sekalipun ini sebagai refreshing namun sama tetap merasa masih belajar. Belajar apa?

1.  Bagaimana membangun komunikasi dengan orang baru?
2.  Bagaimana membangun jejaring teman?





Our Camping Ground

N0
NAMA
REGIONAL
KELUARGA
1
Raisa
Sukabumi
Temanda Family
2
Restu
Banten
Temanda Family
3
Nani
Tangerang Selatan
Manajemen Emosi
4
Windar
Malang
Temanda Family
5
Lisa
Kalimantan Tengah

6
Fatima
Sulawesi
Manajemen Waktu
7
Maul
Kediri
Temanda Family
8
Qiqi
Malang

9
Nita
Bandung
Temanda Family
10
Nurya
Surabaya Madura
Pecinta Quran
11
Maya
Malang
Temanda Family
12
Fifi
Sidoarjo
Portofolio Anak
13
Evita
Yogyakarta
Finansial
14
Revika
Aceh
Homeschoolling
15
Aini
Sumatra Utara

16
Kidung
Yogyakarta
Temanda Family
17
Trias
Tangerang Kota
Manajamen Waktu
18
Selly
Non Asia (Jerman)
Homeschoolling
19
Ririn
Surabaya
Keuangan
20
Rayi
Yogyakarta
Temanda Family
21
Aryani
Non Asia (Qatar)
Temanda Family
22
Azmi
Kerawang
Manajemen Gadget

Daftar lainnya ada yang langsung mengisi link sehingga belum saya rekap detail. Namun dari daftar ini, saya mengambil kesimpulan bahwa Regionalnya random, namun peruntukan kelas favoritnya masih dalam lingkungan Temanda Family saja. Saya belum menjangkau lebih luas lagi karena memang mendayung dari sisi yang ada.



Alhamdulillah dengan kesibukan kami masing-masing, kami meluangkan waktu  untuk melaksanakan camping ground kami. Terimakasih untuk semuanya. Sejauh ini saya merasa cukup refreshing dan bersiap melakukan perjalanan selanjutnya. Bismillah…





No comments:

Post a Comment