March 28, 2019

Day 01- Mahira with Animal Flash Cards

Bismillah…

Alhamdulillah.. Libur semester telah usai. Setelah bergelut dengan adaptasi ritme baru pasca moving, kami sangat senang bisa kembali menerima materi baru dari kelas Bunda Sayang. Materi pada game level 7 kali ini yaitu Semua Anak Adalah Bintang.

Tantangan kali ini cukup unik, jika tantangan sebelumnya begitu spesifik pada tema tertentu namun tantangan game level ini. Home Educator yaitu kami sebagai orangtua dituntut untuk mengobservasi kemampuan anak dalam 4 ranah.

Ranah tersebut adalah Ranah hubungan inter personal, Ranah hubungan dengan sesama, ranah hubungan dengan change factor dan ranah hubungan dengan Tuhan atau spiritual.

Keempat ranah tersebut pada dasarnya saling berkaitan erat, namun tugas kali ini cukup menarik. Karena setelah kita mengamati aktivitas anak yang membuat matanya berbinar-binar dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga temukan dan catat kekuatan anak-anak dalam aktivitas tersebut.Dan finalnya kita kemas dengan membuat proyek terkait kegiatan yang membuatnya berbinar.
So untuk mengawali tantangan kali ini, saya mengajak Mahira anak saya untuk melakukan sebuah permainan seru.

Day 01- Animal Flash Cards

Mahira berpikir saat melihat saya menjejer flash card animalnya di lantai. Dia bertanya untuk apa? Saat saya memberikan aturan permainannya, ia mendengarkan dengan baik. Ia menyimak apa yang saya sampaikan dan duduk pada tempat yang di sepakati. 

"Jadi Ibu minta Mahira mendengarkan Ibu cerita, nanti saat hewan yang Ibu ceritakan disebut Mahira ambil gambar hewannya ya?" 

"Iya Ibu, Oke." Jawabnya begitu penuh semangat.

Saat permainan berlangsung, ia begitu berhati - hati melangkahkan kakinya, mencari hewan yang dimaksud dan mengambilnya. Ekspresinya begitu happy, tiap mimiknya berbeda mewakili bagaimana cerita yang saya buat. Masyaallah.

Mahira juga mengikuti saat saya mengucapkan hewan tersebut dengan bahasa Inggris, sehingga dalam permainan kali ini ia juga belajar memperbanyak kosa katanya dalam bahasa Inggris. Kemudian saya juga menanyakan secara spontan, "Siapa yang menciptakan Kuda ya?" 

"Allah" Jawab Mahira.

Iyapun dengan spontan mengecup gambar Kuda yang dipegangnya, katanya Mahira sayang ciptaan Allah. Mahira sayang Ibu juga. Masyaallah.
Seketika saya semakin antusias memikirkan jalan cerita dalam permainan ini agar lebih seru lagi hingga ia mau berhenti saat Omnya datang dari luar kota.

Note:
  • Ide bermain: Ibu Mahira
  • Alat yang digunakan: animal flash cards, nampan (sebagai wadah animal yang berhasil dikumpulkan)
  • Cara bermain: Ibu atau ayah memberikan aturan bermain, menyebutkan keseluruhan nama hewan sambil menata di lantai, menceritakan sebuah cerita berantai dengan menggunakan hewan yang ada di flash cards, anak memungut hewan yang disebutkan dalam sebuah cerita, kembangkan berbagai ide dengan menyampaikan informasi/pengetahuan lain sekaligus pertanyaan sebagai sikap komunikatif, ajak anak bermain dengan seru dan amati potensi kekuatan anak.
  • Bahasa bakat hasil observasi: Achiever, Belief, Communication, Ideation.
Keterangan potensi kekuatan anak: 

  1. Achiever,
  2. Belief, 
  3. Communication, 
  4. Ideation.

Tujuan permainan:
1. Anak berlatih untuk berkonsentrasi mendengarkan perintah/cara/ aturan
2. Anak berlatih gambar yang dimaksud oleh orang lain
3. Anak mengenal ciptaan Allah selain manusia dll



Dari berbagai tujuan tersebut, muncul berbagai sikap yang menjadi catatan saya dalam kegiatan kali ini. Saya coba mengemasnya hasil observasi tersebut dalam jurnal yang sudah disediakan oleh Tim Fasilitator Bunsay.




#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

No comments:

Post a Comment