March 31, 2019

Day 04- New Pet Fish

Day 04- New Pet Fish

Agenda kami hari ini adalah belanja bulanan dan membeli peliharaan baru untuk Mahira. Peliharaan yang kami tawarkan adalah ikan. Mahira sangat bersemangat sekali saat diberi tahu, bahkan  ia berkali-kali mengingatkan kepada kami untuk membeli ikan.

Akhirnya setelah kami selesai belanja bulanan, kami berkunjung ke pasar ikan, lebih tepatnya semacam komplek toko yang khusus jualan ikan-ikan hias beserta aksesorisnya.

Awal tiba di sana, Mahira bersorak. Matanya tak lepas dari ikan-ikan yang ada di sana. Ia memperhatikan gerak ikan-ikan. Iya juga menanyakan nama ikan yang ia belum tahu. Berkeliling melihat aneka ikan dan berpindah dari toko satu ke toko lain.

Ia begitu antusias, wajahnya  terus berhias senyum. Rasanya sulit untuk menjepret dirinya yang selalu bergerak enerjik. Di sini saya kembali mengenalkan ke Mahira bagaimana ia memilih dan mengambil keputusan, menyelipkan beberapa pengetahuan dan kosakata baru seperti aquarium, filter, aerator, alas aquarium, busa, batu hias dll.

Saat itu keputusanya adalah membeli ikan cupang. Ikan cupang dibungkus dalam plastik dan kamipun segera kembali untuk pulang. Saat di mobil, ia tidak sabar ingin segera bermain bersama new pet fish. Kakmi memberikannya pengertian untuk bersabar, karena goncangan dalam mobil membuat ikan nanti pusing. Dengan lugunya ia mencoba memahami informasi dari kami dan meletakkan ikannya.

Tiba di rumah ia meletakkan ikannya dalam botol.
"Ibu,, Ikan di botol."
"Ibuk, Ikan di kasih maem."

Masyaallah tabarakallah. Ia begitu menyukai hewan peliharaannya itu, semoga Mahira bisa menjaganya dengan baik.

"Ikaaan.. Hiya gemeeesss." Ucapnya sambil mencubit kecil pipinya sendiri. Iapun menirukan gerak mulut ikan sambil berlari kesana-kemari. Ia berimajinasi seolah menjadi ikan yang sedang berenang di dalam air. Wajahnya berhias senyum dan keceriaan yang membuat rumah kami bertabur kebahagiaan. Masyaallah...

Tujuan memelihara ikan:
1. Anak belajar mengenal ciptaan Allah selain manusia
2. Berlatih untuk bertanggung jawab
3. Menyayangi binatang
4. Belajar memilih dan menentukan keputusan

Mahira, kita sholat dlu yuk. Alarm ibu sudah nyala nih. Kemudian Om tanya, kita sholat apa Mahira?

"Sholat Ashar."
"Berapa rakaat?"
"Empat roaaat."

Masyaallah tabarakallah, kemudian kami ke masjid dekat toko, Mahira berwudhu dibantu ayah dan sholat bersama.

Dalam Masjid ia menanyakan, kenapa Mahira tidak bisa sholat bersama Ayah? Kemudian saya menjelaskan.

"Jika dalam masjid Mahira lihat hijab?"
"Mana?"
Kemudian saya menunjuk yang dimaksud. Ini pembatas untuk akhwat dan ikhwan. Mahira sholat disini karena Mahira perempuan. Akhirnya ia sholat bersama yg lain. Selepas sholat ia kembali mencari Ayahnya.

Ia begitu senang sekali di masjid. Kakinya tak berhenti berjejak. Rasanya kebahagiaannya tumpah ruah. Masyaallah

Note:
  • Agenda terencana
  • Melibatkan Mahira dengan kegiatan jual beli, memiliki hewan peliharaan, mengenalkan tanggung jawab, pilihan dan pengambilan keputusan.
  • Bahasa bakat hasil observasi: Activator, Learner,Positivy,Responbility, Communication.
Keterangan potensi kekuatan anak: 
  1. Activator,
  2. Learner,
  3. Positivy,
  4. Responbility, 
  5. Communication.

#Day04
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

No comments:

Post a Comment