January 14, 2020

Telur-telur kebahagiaan tahap 4 (Peta Belajar)



Bismillahi...

“Ketika kita biasa mengklasifikasikan informasi baru yang masuk, maka saat kita memanggil kembali informasi yang sudah kita simpan (recalling), tentu akan lebih mudah untuk mengingatnya kembali.”

Alhamdulillah tugas pada kelas Bunda Cekatan kali ini sudah memasuki pekan keempat. Tidak terasa empat jurnal sudah saya buat.  Berdasarkan telur oren sebelumnya, tugas pada pekan ini adalah membuat peta belajar. Peta belajar ini dibuat dalam tampilan mind mapping.
Ø  Apa itu mind mapping?
Adalah peta pikiran atau sebuah  metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh berupa catatan yang lebih terstruktur. Ditemukan oleh Tony Buzan seorang pakar manajemen otak, kreativitas dan pendidikan.
Ø  Apa kegunaannya?
Membantu kita mencapai target atau tujuan dari belajar, menyimpan informasi, membuat prioritas belajar kita, dan mengingat informasi.

“Mind Mapping membuat catatan menjadi eye catching dan mudah dipahami secara keseluruhan”
Manfaat Mind Mapping dibanding catatan konvensional:
1. Memberikan visualisasi gagasan
2. Mudah menngingat
3. Mendorong untuk berimajinasi
4. Meningkatkan minat untuk menyelesaikan masalah
5. Lebih terstruktur

Sebelum saya membuat mind mapping cara belajar, terlebih dahulu saya harus membuat mind mapping inti dari visi hidup saya. Sehingga saya tahu kegiatan belajar saya untuk apa? Dalam mind mapping inti dari visi hidup saya, kegiatan belajar saya merupakan salah satu bentuk dari misi pada poin 3. Misi tersebut adalah bagian dari mencapai visi saya. Sehingga semua aktivitas belajar saya, jelas muaranya apa.





Untuk Pola Berpikir dan cara belajar sudah saya sampaikan pada jurnal sebelumnya. Sehingga korelasi mind mapping yang saya buat di bawah posisinya akan mudah di pahami. InsyaAllah. 
Semoga Allah ridhoi tiap langkah yang kita semua lakukan dan mind mapping ini semata hanya mempermudah kita untuk mencapai tujuan-tujuan.

“Mind Mapping mengajarkan kita untuk melihat hubungan satu sama lain”


Berikut mind mapping saya untuk tugas peta belajar:




3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete