April 1, 2019

Day 05- Membuat bunga hijaiyah

Day 05- Membuat bunga hijaiyah

Menyempatkan membeli stok kertas origami yang habis dan mengajak Mahira untuk membuat bunga hijaiyah.

Huruf yang saya ulang untuk dipahami bentuknya adalah A, BA, TA', TSA'
Mahira terkadang masih terbalik-balik antara Ba, Ta, Tsa namun kami menikmati prosesnya. Ia begitu senang saat bunga pertama sudah jadi. Pada bunga kedua, ia tidak begitu fokus lagi melainkan sibuk menggunakan gunting dan katanya ingin membuat bunga juga.

Ia mengambil kertas origami merah, mengguntingnya disemua sisi yang ia bilang sebagai kelopak. Kemudian menempelnya dengan straw dan memberinya corak putih di bunga yang ia buat.
Mahira bersikeras menggunakan gunting dewasa, saya berulang kali meminta namun ia menjawab,

"Hiya pelan-pelan ibuk." Ucapnya membuat saya tertegun.

"Tolong hati-hati ya?" Pinta saya karena ini pertama kalinya ia menggunakan gunting sesungguhnya. Memberikan kepercayaan padanya kala itu, namun qadarullah ia sempat terkena ujung gunting dan berhenti.

"Ibu, sakit. Tapi slesein dulu." Ia mencoba terus melanjutkan walaupun sempat terkena gunting sedikit.

Saya mencoba meminta gunting darinya namun ia menolak dan kembali bilang,
"Hiya pelan-pelan Ibuk!"

Gerak tangannya semakin cepat, seolah ia ingin menyelesaikan dan memberikan segera gunting yang saya minta. Tanpa saya sadari (saat itu saya belum tahu) jika ternyata ia juga membuat bunga versinya. Masyaallah..

"Yeeeyy... bunganya sudah jadi." Mahira bersorak senang.

Ia langsung lari memperlihatkan kepada Eyangnya, saat Ayahnya pulang ia juga langsung memamerkan hasil karyanya pada Ayahnya. Betapa ia begitu senang sekali dan meminta hasil karyanya juga di dokumentasikan. Masyaallah...

Saya melihat potensi bakat ia dalam menuangkan ide-ide di luar pemikiran saya. Mahira cukup kreatif diusianya yang baru 28 bulan. Ia mencoba membuat bunga versinya dan ingin anggota keluarga melihat karyanya itu. Ia selalu mencoba bertindak bahwa yang Ibu lakukan juga bisa ia lakukan. Masyaallah... Semangatnya selalu berapi-api sehingga rasanya membuat saya begitu semangat untuk melibatkan ia pada kegiatan dan wawasan lainnya. Masyaallah...

Note:

  • Ide bermain: Ibu Mahira
  • Bahan dan alat yang digunakan: Kertas origami, straw, double tape, gunting kertas kecil.
  • Bahasa bakat pada anak: Learner, Focus, Maximizer, Communication,Command

Tujuan Bermain:
1. Bonding time
2. Mengenal hijaiyah dengan cara yang asyik
3. Melatih penggunaan alat
4. Mengembangkan kreativitas dan
5. Melatih motorik halus



#Day05
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

No comments:

Post a Comment