July 7, 2019

Day 24- Mahira memainkan pianika


Day 24 Mahira memainkan Pianika

Alhamdulillah Mahira sudah mulai di perkenalkan huruf Ra dan Zay. Namun saya memang memperkenalkan hijaiyah dengan fathah. Hari ini sangat seru, karena aktivitas perkenalan hijaiyahnya menggunakan alat musik. Ada beberapa alat musik di rumah dan saya memilih pianika sebagai medianya. 

Mahira sangat penasaran, ketika saya membawa pianika ke arahnya. Ia berulang kali tanya "Apa itu Ibuk?"

"Ini namanya pianika?" 

"Yang kakak-kakak pakai drumband?" tanyanya lagi.

Ternyata ia mengingat alat musik ini pernah digunakan oleh anak-anak SD saat kami nonton karnaval di depan rumah. MasyaAllah.. Padahal itu sudah cukup lama entah beberapa bulan lalu. 

Kemudian spontan ia ingin membuka wadah dan memainkannya. Tanpa instruksi, ia memasang selang tiupnya dan mulai meniup tanpa menekan tuts. Ia kembali menekan tuts tanpa meniup.

"Kok ndak bunyi Ibuk?" tanyanya sudah mulai panik.

"Bunyi.. coba lagi sampai bisa." Jawab saya

Mahirapun mencoba berulang hingga akhirnya ia bisa menemukan cara memainkannya. Tidak butuh waktu lama, ia cepat menemukan bagaimana cara memainkan pianika. Mungkin karena empiris sebelumnya membuat ia sedikit tahu mengenai alat musik tersebut. Rasa penasaran Mahirapun terpenuhi. 

Keasyikannya itu saya manfaatkan untuk moment perkenalan hijaiyah dengan menuliskan huruf-huruf hijaiyah pada space tuts yang tersisa. Mahirapun menekan dan meniupkan pianika dan saya melafalkan hijaiyah. 
Sesekali bergantian, saya memainkan pianika dan Mahira bernyanyi. 

Saya membuat lirik sendiri dari nada lagu Tayo. Mahira sempat protes walaupun akhirnya menikmatinya. Hehe.. 

Hei Mahira.. Hei Mahira.. 
Anak Ibu yang sholiha

Ayo tidur...Ayo tidur
Hari sudah malam






No comments:

Post a Comment