June 15, 2019

Day 02- Hang up the hijaiyah clothes




#Day 02
Hang up the hijaiyah clothes

Tujuan:
-      Pengulangan huruf hijaiyah A dan Ba
-      Melafalkan huruf hijaiyah A dan Ba dengan lancar
-      Berlatih penulisan arah harakat dengan benar
-      Membedakan huruf A dan Ba
-   Belajar beberapa kosakata baru: menjepit, menggantung

Bahan dan Alat:
-      Kertas Origami sisa, bisa banget pakai kertas apapun.
-      Spidol/pulpen
-      Gunting
-      Clothespin bisa pakai yang real
-   Tali, raffia dll untuk jemuran

Cara bermain: Siapkan beberapa huruf yang ditulis dalam kertas yang berbentuk dress. Jepitkan dengan clothespin pada tali. Ajak anak menyebutkan huruf dengan berulang. Libatkan anak dalam mengaplikasikan kata menjepit, bisa selipkan pengetahuan “Mengapa pakaian dijemur?”, ajak ia bernyanyi dengan lirik lagu buatan sendiri. It’s Fun!

Respon Mahira: Ia begitu happy sekali dengan kegiatan jepit menjepit pakaian dari potongan kertas. Walaupun masih susah untuk adaptasi penulisan dari kiri ke kanan, ia tetap ingin membantu saya dalam preparing lesson. Mahirapun dapat menyebutkannya dengan baik, walaupun masih belum bisa menyuarakan A dan Ba dengan keras.

Ada hal lucu saat saya meninggalkannya sebentar ke toilet. Jadi talinya ternyata lepas, ia berusaha membetulkannya. Saat ia menyadari ada di bagian lain dari posisi saya, iapun menerobos tali melalui bawah. Iapun memiliki pose yang unik saat saya memfotonya.  Masyaallah... 

“Baju besar punya Ibuk. Yang tecil punya Hiya.” Iapun menyanyikan lagu dengan lirik yang dibuatnya sendiri, sekeluarnya kalimat mengenai hijaiyah, jemur baju, dll. Masyaallah gemas sekali.

Malam harinya saat pengulangan, tentu kami tidak bisa melangsungkan proses belajar di luar. Iapun memiliki ide untuk menempelkan talinya pada bagian dalam portable desknya.

“Ibuk, di sini aja pasangnya.” Ucapnya sambil sibuk membantu.

Masyaallah tabarakallah…


#Day02
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative
#becreative


No comments:

Post a Comment