June 15, 2019

Day 03- Hijaiyah Parking Cars




#Day 03
Hijaiyah Parking Cars

Tujuan:
  •  Membedakan huruf BA, TA, TSA’
  •  Melafalkan huruf hijaiyah BA, TA, TSA’ dengan lancar
  •  Pengelompokan hijaiyah cars sesuai area parking
  •  Frasa dan kata kalimat: Memarkir mobil, Mahira memarkir mobil bewarna merah, dll 

Bahan dan Alat:
  • -      Mainan mobil-mobilan
  • -      Label
  • -     Spidol
  • -      Gunting


Cara bermain: Siapkan huruf hijaiyah pada label dan tempel di mobil-mobilan. Siapkan area parkir di lantai. Biarkan si kecil memarkir mobil sesuai dengan hijaiyahnya.


Respon Mahira: Ia begitu happy sekali dengan kegiatan memarkir mobil. Walaupun masih susah untuk membedakan antara BA TA TSA’ tp ia tetap bersemangat dengan sering bertanya.
 “Ibu ini betul ndak?” ia meminta agreement

“Apa bunyinya?” tanya saya balik.

“Basonya dua itu apa?” tanyanya masih ragu.

Pada proses pembelajaran yang pertama, ia memang memarkir acak saja. Namun ayah memberi arahan. Setelah arahan dari ayah, ia langsung memahaminyan dan mencoba mengikuti petunjuk ayah. Masyaallah…

Kemudian kami harus pergi hingga pukul 14.00, setiba di rumah kami melakukan pengulangan, karena pukul 16.00 ada agenda selanjutnya. Saat pengulangan konsep area parkir saya ubah dan Mahira lebih memahaminya lagi. Ia memarkir mobil dalam kotak-kotak yang tersedia sesuai hijaiyahnya. Namun terkadang masih salah atau terbalik. Malam harinya kami ada agenda lagi sebentar dan kamipun melakukan pengulangan.

Kreativitas yang muncul: Saat kami selesai, Mahira membantu saya untuk menghapus spidol yang ada di keramik. Tapi ia kesulitan saat menghapus spidol hitam.

“Ibuk, ini gimana kok susah?” tanyanya sambil gosok-gosok terus.

Saya sekalian memanfaatkan momen ini untuk membuat Mahira menyebutkan huruf hijaiyahnya sambil terus menggosok. Ada hal lucu yang terjadi, ia kesal saat saya menganjurkannya mengulang.

“Ibu kok terus-terus sih?” celetuknya.

Kemudian ia berlalu mengambil tisu, namun ia masih kesulitan menghapus spidolnya. Dengan bersemangat ia mengambil air minum cup dan mengucuri tulisan tersebut dengan air dan menggosoknya dengan tisu. Masyallah tabarakallah…



#Day03
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative
#becreative

No comments:

Post a Comment