June 17, 2019

Day05- Other function of hijab hanger



Day 05
Other function of hijab hanger 

Pagi tadi jadwal activity Mahira tidak dapat berlangsung karena kami harus pergi ke beberapa toko untuk belanja beberapa keperluan walimatul safar. Saat di toko perabot rumah tangga, Mahira banyak bertanya kepada saya mengenai alat-alat dapur yang belum diketahuinya.

“Ibuk, ini namanya apa?” Tanyanya berulang kali.

Akhirnya saya manfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan ia pada berbagai alat dapur. Kami eksplore alat dapur di berbagai etalase, tidak lama tentunya mengingat ia sudah menemukan barang yang ia akan beli yaitu gayung mini untuk ia mandi.

Setiba di rumah ia qailullah dan activity baru berlangsung setelah magrib sekaligus mengaji. Ayah awalnya menggunakan Iqra wipe and cleannya untuk membantu ia tracing hijaiyah. Kemudian saya teringat hijab hanger yang nganggur di kursi karena hijab-hijabnya sudah pindah ke laci. Maka saya manfaatkan saja untuk media belajar kali ini.

Tujuan:
·         Pengulangan BA, TA’, TSA’
·         Membantunya secara visual untuk membedakan ketiga huruf yang hampir mirip tersebut


Alat yang dibutuhkan:
  •          Hijab hanger circle
  •         Spidol removable

Cara bermain: Ada 4 circle yang dapat dituliskan dengan huruf A, BA, TA’, TSA’ dan Mahira mengikuti saya mengucapkan huruf tersebut sambil menuliskannya. Sisa circle biarkan si kecil berkreasi.

Respon Mahira: Ia penasaran saat saya membentangkan hijab hanger di lantai.
“Ini buat apa ibuk?” tanyanya
Kemudian setelah saya memulai untuk menuliskan hijaiyah, iapun mulai larut dalam proses pengenalan hijaiyahnya. Mahira senang sekali dan mengikuti pengucapan dengan baik.

Kreativitas yang muncul:Sisa circle pada hijab hanger digunakan Mahira untuk menuliskan huruf A, iapun bersemangat sekali menuliskan huruf yang bisa ia tirukan dengan cukup baik. Dalam hal ini saya mengabaikan hasil, fokus utama saya masih pada melatih kekuatan otot tangannya, jemarinya hingga ke depannya tulisan tangan Mahira semakin bagus.

“Mahira harakatnya belum benar.” Ucap saya

“Ndak apa-apa Ibuk.” Jawabnya begitu innocent.

Masyaallah Tabarakallah..






#Day05
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative
#becreative






No comments:

Post a Comment