June 29, 2019

Day 16- Hijaiyah paper boat floating on water


Day 16- Hijaiyah paper boat floating on the water

Tujuan: 
- Perkenalan bentuk huruf Dal, Dzal
- Memperkaya pengetahuan Mahira dengan kosakata baru seperti; mengapung dan tenggelam. 
- Melatih otot tangan serta jemari dengan memindahkan air dari tempat satu ke tempat lain.
- Review warna dan bercerita.

Bahan: 
- 2 ember
- Air
- Gayung Kecil
- Paper boat dengan hijaiyah

Respon Mahira: 
Pertama kali Mahira melihat kertas yang dibentuk kapal dan bisa terapung, ia berteriak senang. Ia tidak bisa berkata-kata hanya tertawa sambil loncat. 

"Mahira senang?" Tanya saya.

Ia mengangguk dan masih terus memperhatikan paper boat yang bisa terapung itu. Baginya bukan hal baru sekali, namun memorinya dulu mungkin sudah tertimbun sehingga kali ini menjadi hal seru baginya seperti pertama kali melihat. 

"Ibu.. kapalnya gerak-gerak." Ucapnya 

"Kapalnya mengapung di atas air." Timpalku.

"Ini namanya mengapung." Saya kembali memberi tahu. 

Kemudian kamipun melanjutkan dengan proses belajar pengenalan bentuk huruf Dal, Dzal yang diberi harakat. Ia mengikuti dengan cukup baik walaupun masih terdisrek kapal yang bergerak-gerak. Alhamdulillah Mahira sangat senang dan saya juga senang sekali menemaninya belajar pengenalan bentuk hijaiyah sampai sejauh ini. 

Kreativitas Ibu semakin terasah, ibu ingin bisa lebih kreatif lagi dalam menemukan ide-ide belajar untuk Mahira. Semoga Allah mampukan dan kelak Mahira tumbuh menjadi anak yang kreatif serta inovatif sehingga dapat membawa perubahan ke arah lebih baik. Aamiin.. 




#Day16
#level9
#kelasbundasayangiip
#thinkcreative
#becreative

No comments:

Post a Comment