June 13, 2019

Day 01-A dan Ba Classification





Bismillahirohmanirohim….

Alhamdulillah setelah libur panjang selama Ramadan dan ied Fitr, kelas bunda sayang mulai on kembali. Kami memasuki tantangan game level 9 dengan tema KREATIVITAS. Tema ini sangat saya sukai, mengingat kami ada family proyek after lebaran. Fampro itu terkait aktivitas Mahira setelah waktu dhuha. Aktivitas itu memang kami fokuskan pada pengenalan bentuk-bentuk huruf Hijaiyah. Tapi saya belum mendiskusikan dengan suami lebih lanjut apakah akan di tambah dengan aktivitas lain yang beragam namun tetap dibuat jadwal perharinya.
Namun konsep yang terbersit saat ini adalah pengenalan bentuk huruf hijaiyah dengan berbagai permainan seru. Aktivitas tersebut dilaksanakan sekitar pukul 10.00-11.00 dan akan direpeation pada sore harinya sebagai bentuk evaluasi baik kepada metode yang saya sampaikan dan pemahaman Mahira. Seperti biasa, saya menulis laporan saat malam hari.

#Day 01
A dan Ba Classification

Tujuan:
-      Mengenalkan huruf hijaiyah A dan Ba
-      Melafalkan huruf hijaiyah A dan Ba
-      Mengklasifikasikan sesuai huruf yang disebutkan
-      Membedakan huruf A dan Ba
    Menempelkan, Mencabut, belajar beberapa kosakata baru

Bahan dan Alat:
-      Kertas Origami sisa, bisa banget pakai kertas apapun.
-      Spidol/pulpen
-      Gunting
-      Isolatif

Cara bermain: Siapkan beberapa lembar kecil huruf dan diberi isolative, siapkan satu huruf besar sebagai masteran. Tempelkan pada dua tempat terpisah. Ajak anak menyebutkan huruf dengan berulang. Sebutkan huruf secara acak untuk melakukan klasifikasi, sambil terus menyuarakannya dengan keras.

Respon Mahira: Mahira sangat antusias saat saya ajak mengenal huruf hijaiyah.

“ayooookkk Ibuuuk!” serunya begitu gembira. 

Padahal ia belum tahu metode macam apa yang akan saya sampaikan. Setelah kami memulai keseruan belajar dengan metode ini, Mahira begitu antusias. Awalnya ia merasa kesulitan dengan memahami kotak master hurufnya melalui keramik, kemudian saya bilanng tempelkan saja pada huruf yang besar untuk memudahkan klasifikasi. Alhamdulillah ia begitu semangat menyelesaikan tiap huruf yang saya instruksikan kepadanya.

Kreativitas yang muncul: Ia meletakkan lembar kecil hijaiyah A dan Ba sama persis. Ia menatanya sedemikian rupa sama. Masyallah. Bakat arranger, organizernya nampak sekali. Kemudian saat pengulangan di sore harinya, ada hal yang luar biasa yang membuat saya begitu bersyukur. Saat saya memotong lembar kecil untuk menulis huruf A dan Ba, ia dengan antusias meminta spidol dari saya.

“Ibu, Hiya aja yang tulis.”

Dan ia pun menulis huruf A sebanyak 4 kali dan Ba sebanyak 1 kali pada lembar yang akan digunakan untuk belajar. Masyaallah… Saya sangat terkesima dengan cepatnya ia meniru penulisan saya. Masyaallah. Sekalipun penulisan arah harakatnya masih belum tepat, namun saya tetap mengapresiasinya. Insyaallah next time ia akan membetulkan lagi arah penulisannya dengan tepat.












#Day01
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative
#becreative

No comments:

Post a Comment