Bismillahirohmanirohim….
Alhamdulillah setelah libur panjang selama Ramadan dan ied
Fitr, kelas bunda sayang mulai on kembali. Kami memasuki tantangan game level 9
dengan tema KREATIVITAS. Tema ini sangat saya sukai, mengingat kami ada family
proyek after lebaran. Fampro itu terkait aktivitas Mahira setelah waktu dhuha.
Aktivitas itu memang kami fokuskan pada pengenalan bentuk-bentuk huruf
Hijaiyah. Tapi saya belum mendiskusikan dengan suami lebih lanjut apakah akan
di tambah dengan aktivitas lain yang beragam namun tetap dibuat jadwal
perharinya.
Namun konsep yang terbersit saat ini adalah pengenalan bentuk
huruf hijaiyah dengan berbagai permainan seru. Aktivitas tersebut dilaksanakan
sekitar pukul 10.00-11.00 dan akan direpeation pada sore harinya sebagai bentuk
evaluasi baik kepada metode yang saya sampaikan dan pemahaman Mahira. Seperti
biasa, saya menulis laporan saat malam hari.
#Day 01
A dan Ba Classification
Tujuan:
-
Mengenalkan huruf hijaiyah A dan Ba
-
Melafalkan huruf hijaiyah A dan Ba
-
Mengklasifikasikan sesuai huruf yang disebutkan
-
Membedakan huruf A dan Ba
Menempelkan, Mencabut, belajar beberapa kosakata baru
Bahan dan Alat:
-
Kertas Origami sisa, bisa banget pakai kertas
apapun.
-
Spidol/pulpen
-
Gunting
-
Isolatif
Cara bermain: Siapkan beberapa lembar kecil huruf dan diberi isolative,
siapkan satu huruf besar sebagai masteran. Tempelkan pada dua tempat terpisah. Ajak
anak menyebutkan huruf dengan berulang. Sebutkan huruf secara acak untuk
melakukan klasifikasi, sambil terus menyuarakannya dengan keras.
Respon Mahira: Mahira sangat antusias saat saya ajak mengenal
huruf hijaiyah.
“ayooookkk Ibuuuk!” serunya begitu gembira.
Padahal ia belum
tahu metode macam apa yang akan saya sampaikan. Setelah kami memulai keseruan
belajar dengan metode ini, Mahira begitu antusias. Awalnya ia merasa kesulitan
dengan memahami kotak master hurufnya melalui keramik, kemudian saya bilanng
tempelkan saja pada huruf yang besar untuk memudahkan klasifikasi.
Alhamdulillah ia begitu semangat menyelesaikan tiap huruf yang saya
instruksikan kepadanya.
Kreativitas yang muncul: Ia meletakkan lembar kecil hijaiyah A
dan Ba sama persis. Ia menatanya sedemikian rupa sama. Masyallah. Bakat
arranger, organizernya nampak sekali. Kemudian saat pengulangan di sore
harinya, ada hal yang luar biasa yang membuat saya begitu bersyukur. Saat saya
memotong lembar kecil untuk menulis huruf A dan Ba, ia dengan antusias meminta
spidol dari saya.
“Ibu, Hiya aja yang tulis.”
Dan ia pun menulis huruf A sebanyak 4 kali dan Ba sebanyak 1 kali
pada lembar yang akan digunakan untuk belajar. Masyaallah… Saya sangat terkesima
dengan cepatnya ia meniru penulisan saya. Masyaallah. Sekalipun penulisan arah
harakatnya masih belum tepat, namun saya tetap mengapresiasinya. Insyaallah
next time ia akan membetulkan lagi arah penulisannya dengan tepat.
#Day01
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative
#becreative
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative
#becreative
No comments:
Post a Comment