February 10, 2019

Day 04- Gerak dan Lagu (Stimulasi 2)




Selain bermain spontan, untuk menstimulasi kecerdasan matematika logisnya adalah dengan Gerak dan Lagu
Gerak dan lagu adalah cara sederhana mengembangkan kecerdasan matematika dan logika Balita. Beberapa syair lagu anak-anak yang diciptakan, juga berisi konsep angka dan berhitung. Seperti, lagu satu dua tiga empat…, lagu satu-satu aku sayang Ibu…, satu ditambah satu sama dengan dua…, dan kita bisa membuat lirik sendiri yang begitu mengasyikkan.
Seperti halnya hari ini, kami mengajak Mahira berpetualang. Dalam petualangan kami, kami melakukan banyak aktivitas yang tentunya tidak terlepas dari Matematika di sekitar kita. Sangat menyenangkan sekali, tinggal bagaimana kita mengemas dan menyajikannya untuk Mahira. 
Misal saat kami dalam mobil, setelah berdoa biasanya saya mengajaknya bernyanyi. Lagu yang saya pilihkan pun tidak terlepas dari konsep math logis seperti wheels on the bus, mommy finger, little monkey jumping on the bed, five little friend, five little duck dll bahkan lagu seperti balonku, pelangi, bisa kita jadikan cara untuk menstimulasi math logic. 
Saat dalam area wisata, saya seringnya kondisional membuat lagu yang mana Mahira akan ikut berdendang dan seringnya ikut membuat lagu juga. Ia akan bergerak dan saya akan mengarahkannya untuk melompat, menghitung langkah, berjalan maju mundur, dsb kita bisa sesuaikan dengan apa yang ingin kita sampaikan. Selama anaknya sehat, happy, kooperatif Insyaallah semua materi yang kita sampaikan akan sennag untuk ia terima. 
Mahira sedang naik kereta gantung
tuuuut...tuuut...tuuut...
ayo coba kita hitung....
Satuuuu...
Duaaaaa...
Tigaa...
Begitulah kurang lebih penggalan lagu yang kadang saya mengarang secara spontan.Mahira tetap menikmatinya bahkan ia suka menagihnya. Ayooo Ibu nyanyi. Masyaallah...
Seru sekali kita bisa bermain dengan fun namun juga belajar. Melalui hal sederhana yang ada di sekitar kita. Banyak cara lain untuk menstimulus kecerdasan matematika logis anak. Nantikan besok yaa....

#harike4
#Tantangan10hari
#Level6
#BundaSayangIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

No comments:

Post a Comment