February 8, 2019

Day 2- Mathematics is the key to opportunity



Matematika adalah kunci ke arah peluang-peluang.

Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dengan belajar matematika, kita akan belajar bernalar secara kritis, kreatif dan aktif. 

Ada banyak manfaat Matematika untuk ilmu pengetahuan lain dan juga untuk kehidupan, misalnya:
  • Kombinasi (Statistika) bisa digunakan untuk mengetahui banyaknya formasi tim bola voli yang bisa dibentuk.
  • Aritmatika hampir digunakan setiap hari, yaitu untuk hitung-menghitung.
  • Geometri bisa digunakan para ahli sipil karena geometri salah satunya adalah membahas tentang bangun dan keruangan.
  • Aljabar bisa digunakan untuk memecahkan masalah bagaimana memperoleh laba sebanyak mungkin dengan biaya sesedikit mungkin.

Mungkin dengan logika Matematika juga bisa membantu untuk berpikir logis, tapi tentu saja bukan hanya Matematika saja yang bisa membantu dalam berpikir logis.
Pentingnya matematika memberi perhatian khusus kepada banyak orang untuk terus belajar dan berusaha memahami matematika baik secara teoritis ataupun logis. Dalam game level ini saya hanya bertugas untuk menstimulus Mahira dalam matematika logis. Dengan harapan kelak ia dapat mengembangkan pola pikirnya dengan logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif untuk dapat menyelesaikan setiap problem yang ia temukan.
Stimulus tersebut pada hari pertama saya mulai dengan menggunakan media menggambar jari untuk membantu ia mengkorelasikan jari dengan cara berhitung sekaligus mengenalkan warna, lagu yang semuanya dikorelasikan dengan math. Hari ini masih dengan tema yang sama, mengenalkan warna yang dikorelasikan pada Math, namun lebih pada gaya belajar kinestetik. Seru sekali.
Kami belajar di kids station, di track interior toko. Mahira mengikuti tiap strip yang mirip seperti angka satu dan ia pun mengikuti tiap strip tersebut. Saya membantunya menyebutkan warna dan ia begitu sangat senang.
Pada area playdoh, saya membantunya untuk mengenal kegiatan sensori yang menyenangkan. Kami bisa membentuk playdoh menjadi berbagai bentuk makanan dan juga angka-angka. Seperti mie yang panjang seperti angka satu. Tidak banyak angka dulu, sedikit dan berulang akan memudahkan ia mengingat dengan kuat. 
Alhamdulillah Mahira happy sekali dan karena respon Mahira yang antusias jika bermain math dengan gaya belajar kinestetik. Maka saya akan lebih mengenalkan Math Around Us. Untuk menyemangati diri saya sendiri, saya pegang kunci yang juga pernah disampaikan oleh NRC (National Research Council) that Mathematics is the key to opportunity.
SEMANGAAATTT!!!






#harike2
#Tantangan10hari
#Level6
#BundaSayangIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

No comments:

Post a Comment