February 20, 2019

Day 13- Math at Hotel (Use room property)




Kami berjalan dari tempat kami menginap  ke arah Taman Indonesia Kaya hingga Simpang Lima, eksplore Semarang yang cukup bold karena kami menemukan banyak hal yang tentunya merupakan perkembangan kota Semarang yang semakin pesat. Ada taman warak, banyak jalan searah, renovasi tri lomba juang, taman Indonesia Kaya dan juga simpang lima yang lebih bagus lagi. Semua menghadirkan arena permainan rakyat yang terbilang cukup terjangkau. 

Di samping work out ala Ibu Mahira, kami juga ingin memperkenalkan spot tersebut kepadanya. Ia nampak begitu senang dan excited menanyakan semua hal. MasyaAllah...
Dengan antusiasnya tersebut, kami mencoba memberikan beberapa materi terkait math logis dari semua hal yang ada di sekitar. 

Kemudian kami kembali ke hotel untuk beristirahat. Pagi harinya Mahira aktif mode on, mengekplore room hotel dan menggunakan properti yang ada sebagai mainannya diiringi imajinya tersebut. Seperti telpon, sugar dish, pintu, gordyn, meja, kursi dan juga tempat sampah serta lemari. Kami membiarkannya untuk berekplorasi namun tetap kami sampaikan resiko-resikonya hingga terusa mengawasinya. 

Saat ia bermain telpon di kamar, kami melepas kabel nir agar tidak terkoneksi jikalau Mahira memencet nomor dengan asal. 

"Ini satu Ibu!"
"Ini Dua." Sambil ia menekan tombol yang ada di telepon.

Ia menyadari keberadaan angka-angka di sana dan menekannya satu persatu. Kemudian mencoba menirukan dengan menuliskannya di sebuah note menggunakan pensil. Masyaallah.
Kamipun hanya mengikuti aktivitas yang dipilihnya sendiri sambil sesekali mengarahkan untuk sesuai materi. 

Saat ia bermain properti lain seperti sugar dish, kamipun membiarkannya sambil mengarahkannya untuk menghitung jumlah sugar yang ada dalam kemasan. Ia ingin mengisi semua kotaknya dengan jumlah yang sama, sekalian kami mengenalkan konsep isi dan kosong serta jumlah. Alhamdulillah Mahira begitu have fun. Masyaallah.

Saya tidak menyadari, bahwa ia semakin mampu meniru bentuk angka tersebut selama proses stimulasi ini dan berinisiatif mengisi bagian sugar dish yang kosong dengan benda yang sama. Memang saya menekankan materi ini kepada angka, bentuk, klasifikasi dan juga ukuran dengan stimulasi yang masih sangat sederhana. Bahkan hanya introducing saja, tp mengingat antusiasnya terhadap angka cukup tinggi, ke depannya insyaallah ingin saya masukkan dalam FamPro kami. 








#harike13
#Tantangan10hari
#Level6
#BundaSayangIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

No comments:

Post a Comment