February 12, 2019

Day05-Membacakan Buku (Stimulasi 3)





Alhamdulillah memasuki hari kelima kali ini, saya memberikan kegiatan yang tidak asing lagi yaitu membaca buku. Bagi saya membaca buku adalah media yang memiliki pengaruh cukup besar pada anak. Apalagi buku tersebut di dukung dengan ilustrasi yang bagus. Sehingga visualisasi dari buku tersebut dapat diimajikan oleh anak dengan baik dan benar.
Misal saja kita ke book store banyak sekali buku bertajuk math yang memiliki kemasan bermacam-macam. Bahkan ada tower book, soft book, taouch book, sound book dan banyak lagi lainnya. 
Mahira dari awal memang saya kenalkan pada hijaiyah. Jadi seringnya saat melihat angka, dia dengan spontan menyebutnya sebagai a ba ta tsa dst. Kini diusianya yang menginjak 25 bulan ia sudah dapat menyebutkan angkat hingga 17. Masyaallah. Namun ia belum mengenali dengan baik bentuk angka yang di maksud. Bukan berarti saya mengabaikan itu, ataupun memaksanya memahami bentuk angka yang saya maksud. Dalam periode ini, saya hanya mengenalkan konsep jumlah secara sederhana, dengan melakukan perhitungan tersebut.
Softbook mengenal angka dengan jumlah objek
berbahasa Inggris dan Indonesia. Buku Mengenal angka
dengan bantuan daya imaji. Misal dua diibaratkan
seperti bebek.
Satu,
Dua,
Tiga,
Empat,
Lima,
Enam,
dst.
Kemudian menjadikan buku sebagai media untuk menemani penyebutannya itu. Tak jarang juga banyak buku yang sebenarnya tidak ada unsur mathnya namun bisa kita maksimalkan untuk memperkenalkan math dalam buku tersebut. Misal saja, jika ilustrasinya penuh dengan konsistensi gambar suatu benda atau apa. Kita bisa menyuruh anak untuk menghitung jumlah benda tersebut dan kembali merangkai cerita, diiringi lagu yang berkaitan dengan math.
Saya yakin sekalipun tidak dipaksa, anak-anak akan bisa dengan sendirinya. Tugas kita hanya menstimulasi agar kemampuan berpikir logisnya berkembang terus lebih baik. Salah satunya adalah dengan membacakan buku.



Saat membacakan buku, kita bisa libatkan anak-anak dengan pengajuan pertanyaan terkait objek.
Bisa ajukan pertanyaan terkait jumlah dan konsep math lainnya.



#harike5
#Tantangan10hari
#Level6
#BundaSayangIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

No comments:

Post a Comment