February 9, 2019

Day03-Bermain Spontan (Stimulasi 1)



Ada banyak cara sederhana dalam mengembangkan kecerdasan Matematika dan Logika Balita. Insyaallah setiap harinya akan saya share satu per satu ya. Berikut merupakan latihan atau cara menstimulasinya:
Pertama, Bermain Spontan. Ketika anak sedang bermain, juga merupakan kesempatan untuk menemani dan mengajak anak berhitung secara spontan. Contohnya, seperti hari ini Mahira melakukan perjalanan ke Kota tua dengan commuter. Saat melihat Commuter tujuan lain melintas, dengan refleks ia menghitung gerbong yang ada. Sekalipun itu masih membutuhkan bimbingan agar jumlahnya tepat, namun Mahira sudah mulai memahami konsep  jumlah. Bahwa gerbong commuter terdiri dari sekian gerbong. Masyaallah. 
Kesempatan itu saya gunakan untuk menstimulasi matematika logisnya, misal menghitung jumlah pagar pencil yang ada di area tunggu. Kebetulan ada banyak warna pencil yang bisa diajarkan kepada Mahira. Seperti halnya Math Around Us, dalam perjalanan kali ini banyak hal bermain spontan yang begitu seru dan mengasyikkan. 
Misal saat melihat tiang listrik, pohon, sepeda di kota tua Mahira dengan pemahaman konsep jumlahpun reflek menghitung. Saya jadi sangat bersemangat untuk mulai mengenalkan Mahira pada konsep lain dalam game level ini. 


#harike3
#Tantangan10hari
#Level6
#BundaSayangIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

#Thinklogic

No comments:

Post a Comment