February 13, 2019

Day 07- Watching Channel\video\Film (Stimulasi 5)



Oke.. Masuk hari ketujuh, saya mencoba stimulasi math logis Mahira taitu dengan menonton, baik TV Channel\ video\ Film. Tentunya kita bisa melakukan filter dulu terhadap tontonan tersebut atau menskip beberapa hal yang tidak perlu dilihat.

Untuk anak usia dua tahun, sebetulnya saya tidak rekomendasi menggunakan stumulasi menonton karena mungkin stimulasi ini memberikan dampak yang berbeda kepada setiap anak. Misal saja pada anak yang sudah ketergantungan menonton. Butuh prepare khusus dan cara yang berbeda pada setiap karakter anak dan usia anak. Namun Mahira kategori yang bisa terkondisi dengan ini, sehingga tetap saya tontonkan dengan durasi.

Untuk film sendiri saya belum menemukan yang klik banget untuk Mahira. Saya hanya tahu upin ipin, hutos namun memang Mahira hanya bisa di hitung jadi menonton kartun. Ia lebih sering menonton channel animal planet, asian food channel dengan beberapa program TV yang saya pilih. Jadi lebih kepada hal-hal yang nyata, kegiatan life skill yang nyata dengan figurenya adalah manusia.

Saat baby dulu, saya sempat menontonkan dia channel Baby TV dengan program charlie and the number. Terpikir banyak episode sesuai tingkatan usia, maka saya cobakan lagi untuk memberikannya pada Mahira.

Charlie and the number, adalah program TV yang ada di channel Baby TV. Silahkan bisa berkunjung ke webnya dan juga kontak jika ingin berlangganan https://www.babytv.com/charlie.aspx
Produksi FOX USA sebuah studio film ternama. Karena memang produksi Amerika, saya jujur tidak merekomendasikan secara kesuluruhan bahwa konten tersebut aman atau bagus karena tentu berbeda dengan budaya kita. namun sejauh ini saya belum menemukan keanehan. hehe..

Ilustrasi pada number yang unik, mereka memiliki perannya masing-masing. Tentunya disertai lagu dan banyak suku kata dalam bahasa Inggris yang bisa menjadi penambahan vocab untuk anak. Dalam beberapa sesi, misal saja number one dengan judul "One Hour" maka dalam film tersebut akan bercerita kegiatan charlie dengan angka satu. Di samping penyebutan angka "One" dalam setiap adegan yang banyak, Charlie and the number juga memberikan visualisasi yang baik untuk membangun daya imaji anak dalam memahami apa itu satu. Sehingga bagi saya, sangat cocok untuk menstimulasi matematika logis anak.

Pada film lain juga bisa, kondisional saja yang penting orangtua dapat dengan baik menangkap objek yang dapat dijadikan materi belajar menstimulasi kecerdasan math logis anak. Beberapa film anak-anak, juga ada yang dibuat untuk memberikan pengajaran, termasuk mengajar berhitung, mengenal bentuk kepada anak melalui beberapa bagian objek seperti gelas, piring, dinding, dll yang ada dalam film.




#harike7
#Tantangan10hari
#Level6
#BundaSayangIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

No comments:

Post a Comment