May 3, 2019

Day 09- SPEND (Berbelanja kebutuhan jelang Ramadan)








#Day 09

Alhamdulillah sudah memasuki hari kesembilan dalam tantangan game level 8 ini. Hari ini agenda saya adalah membahas mengenai SPEND itu sendiri kepada Mahira. Spend di sini adalah membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan. Qadarullah ada beberapa kebutuhan di rumah dan kebutuhan Mahira yang sudah habis dan kami berencana membelinya sebagai belanja kebutuhan jelang Ramadan.

Saat saya membuat print list kebutuhan yang akan dibeli Mahira pagi harinya, ia begitu sangat senang. Saya menyampaikan jika kami akan berbelanja saat Ayah sudah tiba di rumah sepulang dari kantor. Namun Qadarullah ada pekerjaan tambahan yang membuat Ayah harus pulang hingga malam hari.

Sempat terpikir jika saya akan mengajak Mahira pergi berbelanja ke salah satu store terdekat dari rumah. Tapi Ayahnya ingin sekali terlibat setiap aktivitas Mahira, sehingga saya membatalkannya. Insyaallah kegiatan ini akan diganti hari sabtu besok karena Ayah libur kerja.

Sementara itu di rumah, saya kembali melakukan prinsip pengulangan dalam pembelajaran.Menurut teori daya, belajar adalah melatih berbagai kemampuan yang dimiliki manusia antara lain mengamati, menanggapi, mengingat, menghayal, merasakan dan berpikir. Dengan melakukan latihan-latihan yang bersifat mengulang, berbagai kemampuan yang dimiliki manusia tersebut akan berkembang.

Pembentukan pengalaman karena latihan akan memperbesar peluang timbulnya 
respon yang benar (Thorndike)

Mahira kembali mengisi tabungan warna-warninya dengan uang koin dan Mahira kembali belajar mengenal uang koin seribu dan lima ratusan.  Dalam percakapan saya kembali sampaikan ke Mahira, tabungan spend untuk apa, save untuk apa dan sharing untuk apa. Semoga dengan pengulangan ini membuat ia semakin memahami proses belajar finansial.

SPEND
(Berbelanja sesuai kebutuhan)

Tujuan:
- Membiasakan membuat list saat berbelanja
- Membeli sesuai kebutuhan yang prioritas




Kegiatan
Mahira berbelanja kebutuhan sehari-harinya yang sudah habis dengan bantuan list bergambar dari Ibu. Namun sayangnya hari ini cancel karena Ayah ada pekerjaan tambahan sehingga pulang terlambat. Saya mengganti kegiatan hari ini dengan pengulangan materi sebelumnya. Setiap pembelajaran dalam game level 8, selalu saya repeat sebagai bahan evaluasi. evaluasi terutama ke diri saya "Apakah yang saya sampaikan dapat dipahami oleh anak?"

Respon Mahira:
Dalam proses pengulangan Mahira tetap happy melakukan aktivitasnya bersama saya, responnya benar dan berarti menunjukkan ia dapat memahami apa yang saya sampaikan.




#KuliahBunsayIIP
#Tantang10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari

#CerdasFinansial




No comments:

Post a Comment