May 1, 2019

Day 07-Mengenal Nominal Uang Kertas (Cash Drawer)




'Happy Labor Day 2019! Hopefully Indonesian workers will be more productive, innovative, competitive to live more prosperously.'

#May Day
#Day 07

Alhamdulillah memasuki hari ketujuh, saya masih bersemangat untuk membersamai Mahira dalam menuntaskan tantangan game level 8 ini. Dengan semangat yang tak ingin kalah dari para buruh Pabrik Candi Mekar di desa kami tinggal, mereka dengan stelan seragam biru sudah berjejer menunggu jemputan bis karyawan di malam hari. Menjadi pemandangan yang syahdu,  ketika istri salah satu karyawan mengantar hingga pertigaan jalan raya, kondisinya tengah hamil dan mereka harus berpisah tidur karena sang suami harus bekerja. 

Hal itu menjadi stimulan jitu bagi saya ketika server saya lagi down. Ketika saya mulai low batt. Formula jitu ini saya jadikan semangat juga untuk menyelesaikan tantangan-tangan baru yang saya hadapi saat membersamai Mahira.

Keikhlasan mereka mengganti jam tidur, terjaga dalam malam, demi menafkahi keluarga pada shift malam. Masyaallah, semoga setiap langkah kebaikan kita selalu diniatkan ibadah sehingga bernilai ibadah. Apapun pekerjaannya, ayo raih kemuliaan bersama! Semangat para bunda sayang di seluruh Indonesia. 

Mengenalkan Nominal Uang Kertas 
(Melalui permainan Cash Drawer)

Tujuan: 
- Mengenalkan Nominal Uang Kertas Seratus ribu, lima ribu dan dua ribu rupiah.
- Pengelompokan berdasarkan nominal

Kegiatan:
Saat kami berbelanja baju Mahira di sebuah store, mesin kasirnya mengalami hang sehingga mereka harus melakukan perhitungan by manual atau offline. Cukup lama di store tersebut membuat saya terinspirasi dari Cash Drawer yang di miliki kasir. Saya memanfaatkan laci susun plastik yang ada di rumah untuk mengenalkan nominal uang kertas. 

Caranya cukup mudah, saya meletakkan beberapa nominal uang pada laci tertentu dan memberi Mahira stok uang yang sama, secara bertahap saya memberi nominal uang ke Mahira dengan acak, sambil menyebutkannya berulang dan ia harus meletakkannya di laci yang sesuai dengan nominal yang saya maksud.



Respon Mahira:
Ia sangat antusias, sekalipun agendanya hari ini sangat padat, jam 10-17 pergi silaturahmi, berbelanja, quality time dengan Mbah dan Onty, dilanjut ke Masjid Agung untuk sholat magrib dan di susul ke RSUD mengantar saya dan Eyangnya menjenguk kerabat yang melahirkan, selesai agenda ia masih bersemangat untuk belajar bersama dan ajakan bermain lainnya. Masyaallah tabarakallah...
Ia dapat menyelesaikannya dengan baik. Pada akhir sesi, ia meminta tisue basah dan menggunakannya untuk lap tangan, namun setelahnya ia meminta untuk membersihkan diri lagi di kamar mandi. Well done Mahira!!

Spesial Doa di hari ketujuh:
Anak ibu yang super aktif, Ibu sayang sekali dengan Mahira karena hari ini seeperti biasa selalu kooperatif dan mencintai kegiatan belajar dan bermain bersama Ibu dan Ayah. Tumbuhlah sehat, smart dan soliha ya nak, semoga Mahira kelak cerdas dalam mengelola finansial. Aaamiin...


#KuliahBunsayIIP
#Tantang10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial


No comments:

Post a Comment