May 11, 2019

Day 17- Investasi dan Tabungan



#Day17
#Final

Investasi dan Tabungan
Tujuan:
- Mengalokasikan tabungan spend untuk investasi
- Mengenalkan jenis investasi bernama Emas

Kegiatan:
Membongkar tabungan Mahira.
Saving untuk di masukkan ke Tabungan di Lembaga Keungan
Spend untuk di investasikan
Sharing untuk membelikan buku komik keluarga minim sampah dan diberikan ke Taman Baca

Tabungan Mahira yang terdiri dari tiga wadah itu cepat penuh, karena hampir semua anggota keluarga mensupportnya. Iapun sangat aktif memberikan info jika ia menabung. Sehingga wajar keluarga yang mendengar mensupport Mahira dengan memberinya uang untuk di tabung. Tabungannya cepat penuh. Ayah juga sering dimintai uang untuk menabung. Masyaallah...
Pada final tantangan kali ini, kami sepakat untuk membongkar tabungan dan mengalokasikannya sesuai arahan kami.

Mahira sudah memiliki tabungan di salah satu lembaga keuangan, tabungan itu adalah hadiah saat usianya 12 bulan. Kami membuatkan tabungan tersebut untuk keperluan Mahira kelak, baik sekolah maupun proses pembelajaran untuk cerdas finansial. Sejak ia lahir ke dunia, rizkinya begitu berlimpah. Kami sangat bersyukur Mahira dapat aqiqah dengan uangnya sendiri bahkan semua perlengkapannya sedikit saja kami beli. Alhamdulillah.

Untuk kedepannya kegiatan menabung tersebut akan kami konsistensikan. Insyaallah. Sederhana saja, dari menabung dalam tabungan save di rumah. Jika sudah penuh kita tukar di toko dan kita masukkan ke tabungan di Bank. Insyaallah.

Kemudian tabungan sharing bisa dialokasikan untuk sharing ke mana nanti disesuaikan kondisi. Misal seperti waktu lalu, santunan anak yatim ataupun membeli buku dan di sumbangkan ke taman baca, dll kegiatan sharing lainnya dan tidak selalu berbentuk uang. Insyaallah.

Pada tabungan spend ini, saya ingin mulai menanamkan kepada Mahira untuk investasi. Investasu dapat diartikan sebagai proses dimana kita menyimpan uang atau membelanjakan uang dengan harapan mendapat keuntungan di masa depan. Menabung yang sekilas sama dengan investasi tapi sebetulnya berbeda. Investasi ini menghasilkan nilai tambah sehingga poinnya belanja yang menguntungkan.

Investasi yang kami pilih adalah investasi emas. Mahira beberapa kali mendapat gift emas dari mbah, eyang dan ayahnya. Namun emas-emas ini tak nyaman di pakainya. Saya berdiskusi kepada suami terkait membelanjakan emas logam mulia suamipun setuju dan insyaallah kami akan tabungan spend dalam wadah 3S ini akan kami belikan logam mulia sebagai starting investasi emas untuk Mahira. Semoga Allah mampukan untuk selanjutnya. Aamiin.

Respon Mahira:

"Ibuk.. uangnya banyak-banyak sekali. Mau beli apa Hiyanya?" tanya ia saat itu.

"Nanti kita beli emas ya nak?"

"apa?"

Ia nampak asing mendengar kata emas dan saya pun mengatakan jika emas adalah bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan. Seperti anting Mahira, gelang mahira, kalung Ibu, gelang Ibu, ia pun menganggukdan bilang tau. Sejak saat itu dia bilang anting malah menjadi emas. haha...
bilang gelang juga emas. Masyaallah..

Pesan untuk Mahira:
"Mahira anak Ibu yang sholiha, kelak Mahira harus rajin menabung. Mengalokasikan tabungan dalam tiga hal tersebut. Jangan lupa sharingnya dan bijaklah dalam menggunakan spendnya. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan bukan keinginan. Mahira anak Ibu yang dirahmati Allah, semoga Mahira tumbuh menjadi anak yang sehat wal afiat, taat dengan Allah, yang baik akhlaknya, cerdas ilmunya dan dapat menjadi bermanfaat untuk banyak orang. Kelak semua yang Ayah dan Ibu ajarkan Mahira bisa lihat di tulisan-tulisan Ibu ini."


No comments:

Post a Comment