May 15, 2019

Aliran Rasa Tantangan Game Level 8 (Melatih Kecerdasan Finansial)





#Aliran Rasa Tantangan Game 8

Alhamdulillah tantangan game level 8 dengan materi melatih anak cerdas finansial sudah kami selesaikan selama 17 hari berturut-turut. Terimakasih khususnya untuk suami sebagai partner saya dalam menyelesaikan tantangan ini. Terimakasih juga untuk Kak Hepi selaku Fasil, Mbak Ariyantika  selaku Koordi Grup dan teman-teman seperjuangan yang membuat saya terus termotivasi untuk bersemangat mempraktikan materi demi materi di perkuliahan Bunda Sayang ini.

Dalam tantangan game level 8 ini saya sudah membuat rencana kasar hasil diskusi dengan suami  terkait materi melatih anak cerdas finansial. Dalam praktiknya ada beberapa hal yang perlu disesuaikan kembali hingga menjadi urutan yang tepat menurut kami.

1. Pada hari pertama kami mengenalkan wujud uang itu sendiri dan juga pengenalan nominal.
2. kemudian kami mengenalkan konsep rezeki dengan melibatkan Mahira dalam interaksi dan percakapan pada bentuk rezeki hingga proses dapatnya uang, tentunya dengan diksi yang kami pikirkan agar dapat dipahami oleh logikanya.  
Hari ketiga hingga kelima kami megenalkan fungsi uang dalam tiga part sesuai konsep 3S. Part 1 fungsi uang sebagai alat tukar, part dua menabung itu seru dan part 3 indahnya berbagi.
Cek Link:
Hari keenam kami pengulangan proses belajar mengenal uang koin dengan permainan picture match dan pengenalan uang kertas dengan cash drawer dimana peraga tersebut kami bikin bersama dan dengan bahan bekas yang ada di rumah.
Cek Link:
8. Pada hari kedelapan semakin luar biasa ketika kami mengenalkan kebutuhan kepada Mahira, Cek Link:
Kemudian hari kesembilan, sepuluh dan sebelas adalah kegiatan dengan praktik dari konsep 3S itu sendiri. Diantaranya spend, autosharing, autosave. Cek Link:
Senangnya sudah melewati T10 dengan baik, kami masih menjalankan tantangan seru ini hingga hari ketujuhbelas.
Alhamdulillah kami dapat meyelesaikan rencana-rencana kami tersebut. Sekalipun ada satu hari kami harus menunda rencana karena Ayahnya Mahira tidak bisa ikut serta dan dokumentasi diambil pada hari berikutnya.  Ada satu rasa yang bisa disebut sebagai adrenalin rush untuk saya, ketika melihat Mahira dapat memahami apa yang saya sampaikan dan mempraktikkannya dengan respon yang baik. Masyaallah…



Tantangan ini memberi dampak yang luar biasa khususnya pada kami sebagai orangtuanya Mahira,tertuntut untuk lebih kreatif dan mampu mengemas tiap poin yang akan disampaikan dengan cara yang mudah dipahami oleh logika Mahira, tantangan lain adalah mengondisikan anggota keluarga lainnya untuk turut mensupport jalannya tantangan game level ini. Masyaallah. Yang kami dapatkan sangat banyak, ide-ide kedepannya, catatan-catatan untuk diri kami sendiri agar lebih bijaksana dalam mengelelola keuangan keluarga, melibatkan ia langsung dalam berbagai aktivitas sharing dan lainnya sehingga Mahira kelak dalam menauladani kami untuk spend her money pada porsi yang disukai oleh Allah. Bagi saya proses belajar terbaik adalah melalui teladan dan kami berusaha terus memberi tauladan-tauladan kebaikan yang bisa ditiru olehnya.


Mengelompokkan tabungan dalam bentuk 3S ini sangat berkesan sekali untuk saya dan suami. Apalagi kami membuat tabungan untuk Mahira dari bahan bekas kaleng snack, itu sangat berkesan karena kami saling membantu untuk membuat tabungan tersebut pada tampilan yang baru.
Pada hari ke 17 kami membongkar tabungan 3S nya. Uang Sharing kami gunakan untuk membeli buku yang di sumbangkan ke Taman Baca, Uang Saving kami setorkan ke Tabungan di lembaga keuangan dan uang Spend kami alokasikan untuk investasi. Dari sini saya dan suami juga ingin melakukan hal yang sama kedepannya untuk membuat alokasi dana agar lebih termanajemen dengan baik.
Overall, kegiatan ini sangat seru sekali untuk kami lakukan, kami jadi banyak belajar dan tentunya materi ini ke depannya akan kami lanjutkan sebagai pengulangan dalam proses belajar Mahira. Hingga goal dalam materi belajar ini bertambah untuk Mahira pahami dan praktikkan serta dengan harapan anak kami dapat tumbuh menjadi anak yang bermental kaya, bijak dalam menggunakan uang, dermawan serta cerdas finansial. Aamiin..



#AliranRasa
#Level8
#Cerdas Finansial

No comments:

Post a Comment