May 8, 2019

Day 14- Mengenalkan ATM (Anjungan Tunai Mandiri)





#Day 14
Mengenalkan ATM 
(Anjungan Tunai Mandiri)
Tujuan:
- Mengenalkan ATM
- Mengenalkan cara mengoperasikan mesin ATM

Kegiatan:
Hari ini saya mengajak Ayah Mahira berdiskusi mengenai aktivitas 4 hari terakhir dalam tantangan game level ini, Ayah Mahira menyampaikan ide-idenya tersebut dan alhamdulillah senada dengan pemikiran saya. Tidak butuh waktu lama untuk menyetujuinya dan hari ini kami bertiga berkesempatan melaksanakan aktivitas tersebut pada sore hari.

"Mahira ayooo kita ke ATM!" ajak Ayahnya.

"Apa?" tanyanya nampak sulit mengulang kata ATM.

Kemudian kamipun bergegas menuju ATM pada salah satu bank yang trade mark warnanya hampir senada dengan pakaian yang Mahira gunakan. Ini bank tempat Mahira menyimpan uang. Hari ini kita akan melakukan dua transaksi melalui mesin ATM.

1. Menarik uang tunai 
2. Mentransfer uang ke rekening lain dengan tujuan pembelian sejumlah buku yang rencana akan Mahira sumbangkan ke Taman Baca yang sudah kami tentukan.

Respon Mahira:
Saat sampai di lokasi, Ayah mempersiapkan ATM Card Mahira dan Ibu menyiapkan keperluan dokumentasi. Kamipun melakukan percakapan sederhana seputar nama lembaga keuangan dan memperlihatkan logonya. Kemudian kami berangsur mengantri di luar ATM room.

"Ibu kenapa ndak masuk?" tanya Mahira

"Di dalam masih ada orang, kita tunggu orangnya selesai baru kita masuk sesuai urutan antrian ya nak." Jelas saya.

"Kita antri dulu ya sayang." Sambung Ayah.

Mahirapun mengangguk.

Saat tiba giliran kami masuk, kami memulainya langsung. Mahira kami libatkan dari memasukkan ATM Card, menekan pin, menyentuh layar sesuai pilihan, mengambil uang dan cardnya. Rangkaian cara mengoperasikan ATM untuk transaksi tarik tunai, kami libatkan ia secara penuh. Iapun seperti menemukan feelnya. Ia berulang kali bilang,

"Ibu, lagi!" ucapnya polos.

Kamipun memberinya pengertian lagi, setidaknya ada proses melibatkan ia sebagai pengenalan terhadap ATM. Bagi kami proses belajar seperti ini memompa kebahagian tersendiri bagi anak, ia akan merasa bahagia dapat dilibatkan dalam pengalaman baru. Kebahagian tersebut yang menjadi kunci kemudahan dalam menyerap materi. Insyaallah..
Secara bertahap insyaallah kelak aktivitas ini akan ibu ulangi, hingga Mahira kelak bijak dalam mengambil uang dan menggunakan uangnya. Aaaminn..






#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari 
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment