August 9, 2019

Aliran Rasa Tantangan Game Level 10



Alhamdulillah game level 10 dapat diselesaikan dengan baik walaupun terkendala signal dan menulis laporan, namun saya tetap bersemangat untuk mengikutinya. Dua hari sebelum tantangan dimulai, sama menulis konsep di kertas untuk mempermudah saya menuangkan ide apa saja yang nantinya akan dipraktikkan bersama Mahira. Awalnya pada game level ini saya dan suami ingin fokus pada materi "Adab bertamu dan menerima tamu" karena poin tersebut cukup luas pembahasannya. Seperti mempersilahkan tamu masuk, mengucap dan  menjawab salam, memberikan minum, mendekatkan hidangan, berkata sopan, dll. hal tersebut saya pikirkan dan kemas dalam sajian dongeng menggunakan peraga yairu huruf hijaiyah sebagai pelaku ataupun subjek lain.

Inginnya menyambung untuk memperlancar lafaz hijaiyahnya, namun seiring berjalannya tantangan banyak ide yang bermunculan sehingga beberapa tidak sesuai dengan konsep awal. Seperti halnya kondisi dimana saya sangat butuh pengertian agar Mahira berbagi waktunya untuk saya membilas pakaian kotor. Beberapa hari, ia tidak seperti biasanya untuk mengizinkan saja mencuci pakaian. Hal ini tentu mempersulit saja dan membuat pekerjaan menumpuk.Saya menggunakan dongeng untuk menumbuhkan rasa pengertian dan pemahaman akan suatu keadaan.

Pada proses mendongeng ia memahami betul tiap proses baju saat dicuci. Kemudian kejutannya, ada pada hari selanjutnya dimana ia mengingatkan saya untuk mencuci baju dan iapun ingin bermain  dulu sambil menunggu Ibu. Namun ia bilang ngantuk dan ingin tidur, "Ibuk cuci bajunya ya.. Hira tidur sini." MasyaAllah.. Sayapun senang sekali ia dapat pengertian dengan beberapa keadaan.

Selama aktif mendongeng 17 hari berturut-turut saya jadi semakin yakin bahwa anak-anak fitrahnya memang kreatif dan cerdas. Melalui dongeng saya terbantu sekali untuk mewujudkan secara perlahan bagaimana membangun karakter anak melalui sebuah peragaan bersuara. Saya juga belajar banyak mengenai mengemas cerita, menggunakan suara dengan intonasi yang sesuai dan pelajaran seru mengengenai mendongeng lainnya.

Mahirapun jadi mulai pandai mendongeng, menggunakan beberapa peraga dan bercerita. ada kejutan lain yang membuat saya sangat bersyukur, iapun jadi mulai kreatif membubuhkan jalannya cerita dan ikut menentukan bagaimana tokoh berperan. Seruuuuu!!!

No comments:

Post a Comment