August 20, 2019

Day 09- Penyimpangan seksualitas, pencegahan dan solusi

#Day 09
Tema: Penyimpangan seksualitas, pencegahan dan solusi
Presentator: TIM 8

Pada awal pemaparan Tim 8 menjelaskan mengenai peran penting Ayah dan Ibu dalam mengenalkan pendidikan fitrah seksualitas yang sangat penting sedari diri. Pendidikan Fitrah seksualitas berbeda dengan pendidikan seks. Pendidikan fitrah seksualitas dimulai sejak bayi lahir, menumbuhkan fitrah ini banyak tergantung pada kehadiran dan kedekatan pada Ayah dan Ibu. Banyak penelitian yang menyampaikan mengenai data bahwa perceraian orangtua dan hal lain yang membuat kedekatan dan peran orangtua menjadi tidak ada untuk anak, dapat menyebabkan berbagai macam masalah yang timbul seperti perasaan terasingm kehilangan, depresi, gangguan jiwa, sehingga permasalahan tersebut kelak bisa mengganggu masalah sosial dan seksualitasnya. 

Tak heran berbagai masalah penyimpangan seksualitas begitu banyak terjadi. Lalu sebenarnya apa sih penyimpangan seksualitas itu?

Pengertian penyimpangan seksual adalah segala bentuk penyimpangan seksual, baik arah, minat maupun orientasi seksual. Penyimpangan adalah gangguan atau kelainan. Sedangkan perilaku seksual adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual, baik dengan lawan jenis maupun dengan sesama jenis. Bentuk-bentuk tingkah laku ini bisa bermacam-macam mulai dari perasaan tertarik sampai tingkah laku berkencan, bercumbu, dan bersenggama. Obyek seksualnya juga bisa berupa orang lain, diri sendiri maupun obyek dalam khayalan.

Penyimpangan seksualitas tersebut seperti homoseksual, biseksual, kemudian ada beberapa jenis kelainan seks lainnya seperti eksibionisme, voyeurisme, froteurisme, pedofilia, sadomasokis, sadisme, zoofilia, nekrofilia, transvestisme dll. Penyimpangan seksualitas ini menjadi begitu menghawatirkan orangtua sehingga diharapkan setiap orangtua berperan besar dalam memberikan pendidikan seksualitas sedini mungkin dan dengan cara sebaik mungkin.  

Lalu untuk melakukan pencegahan dan solusinya jika hal tersebut terjadi?
Pencegahannya adalah dengan memberikan pendidikan agama yang baik, jika dalam islam maka ada aturan  khusus dalam memisahkan antara kamar anak laki-laki dengan anak perempuan, mengenalkan kepada tuhannya sedini mungkin harapnnya agar hatinya selalu terpaut akan tuhan sehingga tercegah dari perbuatan yang buruk. Yang kedua adalah pola asuh orangtua, memberikan pendidikan fitrah seksualitas sesuai tahapan usianya, melakukan komunikasi yang baik sehingg aterbentuk konsep diri yang baik pada anak. Tang ketiga adalah peran Ayah secara optimal dan yang keempat adalah menjauhkan anak dari akses ponografi baik bacaan maupun tontonan (TV, gadget, dan media lainnya)

Solusi dari tim 9 memaparkan solusi yang disampaikan oleh dr. Fidiansyah: 
Konseling dengan psikologi dan psikiater, akan ada pendekatan dan penanganan khusus yang dilakukan berdasarkan penyebabnya, antara lain dari aspek biologi dengan cara pengobatan, dari aspek psikologi dengan mengubah perilaku atau kebiasaan, lingkungan sosiologi dengan memodifikasi ulang perilaku dalam lingkungan sosialnya, merubah kognitif, midset atau car aberpikirnya dan meluruskan kembali pemahamannya yang keliru dari spiritualnya. 


#Day09
#Fitrahseksualitasanak
#Tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#Level11

No comments:

Post a Comment