August 20, 2019

Day 10-Peran Lingkungan dan Perlindungan terhadap Kejahatan Seksual





Day 10
Tema: Peran Lingkungan dan Perlindungan terhadap Kejahatan Seksual
Presentator: Tim 9

Bahaya tentang kejahatan seksual terhadap anak, hampir saban hari terjadi. Ada ratusan modus dalam menjerat korbannya. Sungguh ironis, anak- anak yang tak berdosa itu, kerap menanggung derita akibat kelakuan para pelaku. Sampai saat ini, berbagai upaya telah dilakukan pihak- pihak terkait agar jumlah korban mampu ditekan. Meski begitu, kasus perkasus tetap saja terjadi.
Seperti pembahasan pada tim sebelumnya bahwa peran orangtua sangat penting sekali, tapi ternyata tidak hanya peran Ayah dan Ibu saja, bahkan lebih dari sebuah keluarga, peran lingkungan dalam hal ini termasuk peran sekolah, masyarakat dan juga negara. Pada presentasi tim 5 pernah menyampaikan kolaborasi peran merupakan upaya penting perlindungan anak dari kejahatan seksual. 
Masing-masing lingkungan bertugas menjalankan perannya dalam memberikan perlindungan melalui banyak hal yang bisa diupayakan antara lain pendidikan, pembimbingan, kontrol lingkungan, kajian dan kegiatan positif untuk mengarahkan pada hal positif dan manfaat , bahkan lebih jauh lagi negara mampu membuat UU yang melindungi warganya dan menjerat para pelaku sehingga menimbulkan efek jera sehingga menekan data korban kejahatan seksual. 

#Day10
#FitrahSeksualitasAnak
#Tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#Level11

No comments:

Post a Comment