August 9, 2019

Day 01- Pemahaman Perbedaan Gender



Alhamdulillah... sudah memasuki game level 11. Kejutan kali ini membuat saya seperti terbangun dari tidur. Biasanya fokus memikirkan ide-ide fun learning untuk membersamai Mahira, kali ini Ibuknya dituntut untuk aktif diskusi dengan teman-teman sekelas, teman grup dan tim yang sudah dibagi oleh Fasilitator. MasyaAllah... 
InsyaAllah semoga tetap bersemangat hingga akhir. 

#Day 01
Tema: Pemahaman Perbedaan  Gender
Presentator: Tim 1 

Pengertian gender lebih konkrit dan operasional dikemukakan oleh  Nasarudin Umar bahwa gender adalah konsep kultural yang digunakan untuk memberi identifikasi perbedaan dalam hal peran, perilaku dan lain-lain antara laki-laki dan perempuan yang berkembang di dalam masyarakat dan didasarkan pada rekayasa sosial. (Nasarudin Umar, Argumen Kesetaraan Gender Perpektif Al Quran, Jakarta: Paramadina, 2001, hal.35) 

Dalam bukunya, iapun menjelaskan bahwa penentuan peran gender dalam berbagai sistem masyarakat, kebanyakan merujuk pada tinjauan biologis atau jenis kelamin. Masyarakat selalu berlandaskan pada diferensiasi spesial antara laki-laki dan perempuan. 

Contoh: 
1. Banyak orangtua mengotak-kotakan jenis permainan anak sejak kecil.
Anak Laki-laki mainannya mobil-mobilan, robot-robotan, dll. 
Anak Perempuan mainannya boneka, masak-masakan. 

2. Banyak juga orangtua yang tidak mengajak anak berbagi tugas. Seperti tugas domestik (memasak, menyapu, mengepel, mencuci dll) yang cenderung dibebankan, atau diharuskan pada anak perempuan. 
Padahal pekerjaan rumah tangga bisa dikerjaan baik oleh laki-laki atau perempuan. 

Jadi apa itu Gender? 
Konsep kultural yang membedakan antara perempuan dan laki-laki secara biologis, perilaku, mentalitas, dan sosial budaya. 

GENDER 》》》 Peran makhluk hidup dalan kehidupan

JENIS KELAMIN 》》》 Istilah Biologis yang dibedakan dalam Perempuan dan Laki-laki

GENDER ITU TIDAK SAMA DENGAN JENIS KELAMIN (SEX) 

#Day01
#Fitrahseksualitasanak
#Tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#Level11

No comments:

Post a Comment