April 30, 2019

Day-06 Mengenal Nominal Uang Koin (Picture Macth)



#Day 06

Beberapa practice dari tantangan game level 8 ini ada yang saya tambahi dan saya geser dari plan. Tentunya setelah melakukan beberapa pertimbangan dan melihat respon serta hasil belajar bersama Mahira.

Pada hari keenam ini saya memutuskan untuk mengenalkan nominal uang koin kepada Mahira. Pada hari pertama saya memang sudah mengajarkan nominal, namun masih secara general karena lebih kepada memberi tahu Mahira bahwa ada uang kertas dan koin. Pada pertemuan kali ini, saya mengangkat kembali materi mengenalkan nominal uang, tapi khusus uang koin.

Setiap barang memiliki harga yang berbeda
Sebelum menginjak ke plan selanjutnya salam mengenalkan kebutuhan, saya ingin Mahira memahami sedikit hal mengenai harga. Setidaknya mengenalkan lebih dini apa itu harga atau nilai dari sebuah barang yang dibelinya.

Anak-anak mempunyai pikiran jika semua barang memiliki harga yang sama, yang pemting bisa dibayar dengan uang. Berapapun nominalnya. Tumbuh menjadi anak yang ngerti duit, anak-anak semakin kritis dengan semua hal yang di sampaikan orang tua baik pada anak maupun perbincangan dengan orang lain. Misal saja, orangtua sudah berkata jika ia tidak ada uang lagi. Maka anak-anak tidak mudah percaya. Banyak respon anak yang tak terduga dan hal itu menunjukkan kemampuan anak-anak dalam menganalisis. Beberapa kasus saya dengar dan lihat dari teman dan tetangga.

"Ambil aja di ATM."
"Mama kan bisa pinjem uang budhe atau mbah."
"Mama kenapa nggak minta Papa aja?"

Respon anak-anak ketika ibunya bilang tidak ada uang begitu beragam. Sehingga saya semakin bersemangat mengajarkan Mahira cerdas finansial sejak dini. Anak-anak yang beranggapan bahwa setiap barang memiliki harga yang sama harus kita bantu agar memahami bahwa setiap barang memiliki harga yang berbeda. Dengan itu pengenalan nominal sangat perlu dilakukan oleh orang tua.

Pada pengenalan nominal kali ini, saya fokus mengenalkan Mahira pada nominal uang koin. Mengingat usianya yang baru dua tahun lebih, saya kembali memikirkan cara yang tepat agar ia mudah memahami apa yang saya maksudkan. Tidak memaksakan juga karena tujuan awal hanya pengenalan.

Mengenal nominal uang koin (permainan picture match)

Tujuan:
-Mengenalkan nominal uang koin 500, 200 dan 1000.
- Display uang ada tampak depan dan belakang.

Kegiatan:
Membuat card berbentuk teddy bear dengan bahan bekas. Seperti kardus bekas bandeng presto yang saya potong sesuai pola. Kemudian bagian belakangnya saya lapisi kertas kado sisa yang biasanya saya kumpulkan dan saya manfaatkan ulang misal bebikin macam ini.
Print tampilan uang koin ambil dengan bantuan google.



Ayah bertugas merapihkan pola
Mahira bertugas membalur card dengan lem.
Ibu menempel kertas pola dan kertas print gambar uang koin serta dokumentasi.

Setelah selesai kami mulai mengenalkan nominal ini dengan cara Mahira diminta mencocokan gambar yang saya minta. Seperti video dibawah ini.

Respon Mahira
Ia sangat senang sekali, ia begitu all out dalam membantu kami menyelesaikan pembuatan card untuk permainan picture match. Berkali-kali ia meminta untuk turut menggunting namun dengan bersabar untuk memberitahunya maka iapun mau diberi tugas lain. Mahira sangat kooperatif dan mampu menyelesaikan picture match saat saya bolak-balik. Walaupun sempat ada yang tertukar.




#KuliahBunsayIIP
#Tantang10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment