November 8, 2018

DAy08-Tema: Naik Transportasi Umum






Alhamdulillah, hari ini sudah hari ke delapan tantangan game level 3. Sebenarnya mingggu ini adalah minggu yang menguras jiwa dan raga. Pertama karena saya harus bokal-balik Pemalang-Jakarta dan Jakarta-Pemalang karena suatu kondisi, Kedua karena Mahira sedang proses Weaning with sabar. Ada banyak hal yang sepertinya kurang elok saya bicarakan di sini karena disinyalir reader sebagai curcol. Haha..

Oke, pada hari ini kami menentukan Family Project yang kondisional mengingat kami  melakukan safar dari Pemalang menuju Jakarta. Family project yang kami pilih adalah menggunakan transportasi umum. Transportasi umum tersebut adalah kereta dan juga commuter line menuju stasiun UI.

Banyak value yang dapat di sampaikan ke Mahira terkait perjalanan dengan kendaraan umum, sehingga perjalanan kami ini begitu seru dan menyenangkan dari pada malam hari saat Mahira tantrum akibat tidak boleh menyusu lagi.

Persiapan:
-          Pelaksana Family Project sehat dan semangat (Anak dalam keadaan yang happy sehingga dapat kooperatif)
-          Tentukan tujuan berpergian (misal dengan commuter/angkutan/bis) pilih rute pendek sebagai awal proses belajar
-          Persediaan bekal, sounding dan berikan informasi dan briefing lengkap untuk ananada.

Tujuan:
1.       Mengenalkan Mahira pada transportasi publik (Sekalipun ini bukan kali pertamanya, namun cukup membuat dia excited)
2.       Praktik membaca doa menaiki kendaraan
3.       Anak belajar bersosialisasidengan orang lain selain keluarga
4.       Anak belajar nilai kemandirian dan empati (dengan berbagi ruang dan kursi untuk orang lain)
5.       Mengajarkan Ananda mengutamakan keselamatan dalam berkendara, tenggang rasa dan tata karma dalam menggunakan kendaran umum (Seperti: tidak mengeluarkan tangan dan kepala dari jendela, turun saat kereta benar-benar berhenti, tidak berlarian di dalam transporasi umum, memberikan bangku prioritas untuk ibu hamil, ibu menyusui, ibu dengan membawa anak, disabilitas dan lansia)
6.       Anak belajar untuk menggunakan teknologi seperti Commuter Vending Machine dll

Tugas:
Ayah: Menemani Mahira duduk dikursinya by Video call dan membimbing Mahira memperbanyak kosakata dan belajar.
Ibu: Membantu Mahira mencapai tujuan belajar dan dokumentasi
Mahira: Fun learning dalm Fampro

Saat Family Project berlangsung:
Mahira sangat excited sekali menaiki kereta Menoreh tujuan Jakarta. Dalam perjalanan ia banyak sekali merekam proses belajar. Menghitung gerbong kereta yang lewat, menyebutkan apa saja yang ia lihat dari balik jendela, berinteraksi dengan orang sekitar dan melakukan transaksi pembelian kepada tante paramusaji. Dia begitu happy hingga akhirnya tertidur pulas dan bangun saat kami sudah turun di stasiun Jati Negara.

Dari Stasiun Jati Negara, kami menaiki Commuter Line menuju Manggarai dan berpindah ke tujuan Bogor. Kami berhenti di stasiun UI dan lanjut menggunakan kenderaan umum ke tempat tinggal kami.

“Ibuuuuk! Tetaaaa… teta apiii.” Ucapnya happy…

“Ibu, itun tetaa. Satu…dua..tiga…empat…lima….” Hitungnya penuh semangat. Sesekali ia membaca sarung kursi keretanya dengan lafal hijaiyah. MasyaAllah...

Mahira selalu semangat sekali belajar. MasyaAllah...







#KelasBundaSayang
#GameLevel3
#MyFamilyProject
#MyFamilyMyTeam


No comments:

Post a Comment