November 14, 2018

Day14-Tema: Being Morning Person







Alhamdulillah... hari ini masuk hari ke empat belas tantangan game level tiga di kelas Bunda Sayang. MasyaAllah.. Hari ini kami punya Family Project yang seru, tema yang kami pilih adalah being morning person.

Kami memilih tema ini bukan tanpa alasan, mengingat sebelumnya kami berjuang memperbaiki sleep routine Mahira yang berantakan. Padahal sebelumya Mahira adalah morning baby yang selalu membuat kami bersemangat di pagi hari. Namun sejak Ramadan lalu, Mahira menjadi owl night yang membuat saya turut serta mengikuti jam tidurnya yang kacau. Tentunya tidak bisa saya biarkan, akhirnya dengan menyapih Mahira alhamdulillah sleeping routinenya kembali membaik, ia selalu tidur sebelum pukul dua belas malam dan qailullah di siang hari. 

Sleep routine Mahira sangat penting untuk kebaikan pertumbuhannya dan juga  berhubungan dengan aktivitas saya, saya akan lebih mudah menjalankan aktivitas saya jika Mahira bagus sleep routinenya.

Ada dua jenis jam biologis yang berbeda (dikenal sebagai chronotype) dalam hal tidur dan bangun: early bird (juga dikenal sebagai larks) dan night owlEarly bird atau morning personadalah orang yang suka tidur malam lebih  cepat, dan suka bangun pagi-pagi. Night owl, di sisi lain, adalah seseorang yang justru sebaliknya: tidurnya larut malam, dan bangun lebih siang.

Terlepas dari jenis jam biologis tidur, saya lebih cenderung mempercayai bahwa semua hal akan menjadi habit melalui proses pembiasaan. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin dan berulang makan akan menjadi suatu kebiasaan atau habit.

Pagi ini seperti biasa, Mahira bangun saat subuh, terkadang ia mau di ajak ke Masjid, namun terkadang ia tidak mau. Saat matahari mulai nampak, sekitar pukul 6.00 kami keluar untuk membeli makanan kecil entah itu jajanan basah atau sarapan. Kami berjalan kaki untuk menghirup udara segar di pagi hari menuju lokasi, sepanjang perjalanan kami dapat melihat banyak hal dan kami menyampaikannya ke pada Mahira. Ia begitu senang di gendong, dekapan kami secara bergantian membuatnya begitu nyaman. 

Persiapan:
- Agendakan jalan pagi setiap hari, sebagai bentuk olah gerak paling murah dan sederhana. Agar sirkulasi darah lancar dan otot semakin kuat. Oksigen pagi baik sekali untuk paru.
- Pastikan cuaca mendukung
- Pilih rute yang pas untuk  target awal

Tujuan:
-      Olah gerak untuk Ayah dan Ibu
-      Refreshing udara segar
-      Memperlihatkan suasana dan aktivitas orang pada pagi hari ke Mahira
-      Memperbanyak kosa kata untuk Mahira
-      Bonding time with Mahira
-      Membangun romantisme dan kooperatif antar pasangan
Saat Family Project berlangsung:

Saat keluar rumah kami sudah dihadapkan dengan lingkungan yang penuh dengan banyak aktivitas di pagi hari, para dagang makanan, ikan, burung, pet shop, sayuran bahkan samping tempat tinggal kami adalah internasional school yang sudah mulai lalu lalang mobil antar siswa.

Ayah menggendong Mahira dan memperkenalkan banyak kosa kata baru, Ibu mendokumentasi. Karena kami tidak menggunakan hipseat maka kami bergantian menggendong Mahira. Ini adalah Fampro seru, mengisi pagi dengan banyak rasa syukur untuk memulai hari.

Kami bertiga begitu happy, MasyaAllah.. Alhamdulillah…



#KelasBundaSayang
#Gamelevel3
#MyFamilyProject
#MyFamilyMyTeam


No comments:

Post a Comment