November 12, 2018

Day12-Tema: Masjid Hunter






Alhamdulillah... hari ini sudah memasuki hari ke duabelas tantangan game level 3, pada Family project kali ini. Saya mengajukan rencana untuk menyambung dari Family Project yang memang sudah terlaksana sebelumnya. Fampro sebelumnya adalah membangun jam biologis sholat untuk Mahira. Alhamdulillah.. perlahan sudah mulai terbentuk, setiap mendengar adzan Mahira paham harus sholat.

Namun pada game kali ini, kami memutuskan untuk memilih tema baru yaitu Masjid Hunter. Agar refresh suasana dari Masjid sebelumnya agar Mahira tidak bosan. Alhamdulillah Ibu sudah menjahitkan Mukena untuk sholat Mahira, yang saya design seperti gamis agar memudahkan gerak ananda. Alhamdulillah Mahira nyaman menggunakannya dan tetap aktif bergerak.

Persiapan:
-Pastikan kita sebagai Fasilitaor sudah siap memutuskan tema ini
-Sounding dan koordinasi dengan anak agar saat sholat berlangsung ia dapat menghargai jamaah lain
(Kesepakatan)
- Afirmasi positif terhadap value sholat.
- Persiapkan baju yang nyaman untuk ananda sholat (Menutup aurat)
- Pilih Masjid yang support kondisi dan karakter anak. (Aman, nyaman dan mudah terpantau)
(Baiknya lakukan observasi terlebih dahulu seperti kami menentukan dimana masjid yang pas untuk proses belajar sholat Mahira)

Tujuan:
-Membangun Habit sholat tepat waktu
- Menyadari panggilan sholat melalui adzan yang berkumandang
- Membangun Jam biologis sholat
- Adab saat di Masjid
- Belajar proses mengambil wudu
- Bonding time with Allah, dimana kita dapat kenalkan lebih dekat ananda agar tumbuh kecintaannya terhadap Allah dan nikmat Islam.

Tugas:
Ayah: Membantu Mahira menggunakan mukena dan kerudung
Ibu: membantu Mahira mengambil air wudu
Mahira: Be nice when Salat

Saat family project berlangsung:
Sebelumnya saya sudah ulas, bagaimana awalnya Mahira saya ajak ke Masjid, prosesnya tentu tidak langsung berhasil. Karena ia memerlukan adaptasi waktu,suasana dan kegiatan baru. Namun alhamdulillah Mahira cepat beradaptasi dan ia nyaman berada di Masjid. Saya justru prefer ke mushola dengan ruang yang terbatas, karena saat di masjid luas anak-anak cenderung potensial berlarian dan pantauan ortu semakin ekstra. Namun sejauh ini Mahira be nice when salat. MasyaAllah Tabarakallah...



#KelasBundaSayang
#GameLevel3
#MyFamilyProject
#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment