November 9, 2018

Day09-Tema:Cutting The Yasmine Plant






Alhamdulillah, hari ini sudah masuk hari ke Sembilan ya bunda, tidak terasa besok sudah T10.Family Project kali ini, saya kembali melibatkan Mahira dalam kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasannya. Insyaallah.

Cutting The Yasmine Plant, jadi setibanya kami di Jakarta. Saya dapati tanaman melati depan begitu rimbun dan tidak terawat. Bagian daun bawah banyak yang mati dan kering, tunas baru merambat kesegala arah. Hingga nampak semrawut dilihat. Saya di bantu Eyang Utinya Mahira membersihkan bagian tanaman depan rumah salah satunya dengan memotong tanaman melati agar nampak rapi. Mahira saya libatkan sesuai kemampuannya yang penting dia dapat menyerap dengan baik instruksi verbal dari saya untuk menunjang proses belajarnya. Poin terpenting lainnya adalah kita semua happy. Masyaallah.

Persiapan:
-          Siapkan alat yang dapat dipakai untuk memangkas tanaman.
-          Gunakan Sarung tangan jika tidak terbiasa telanjang tangan
-          Pastikan anak aman dari alat-alat yang membahayakannya

Tujuan:
-          Membuat tanaman melati menjadi rapi
-          Menumbuhkan kecintaan Ananda pada tanaman dan kerapian
-          Membuatnya bergerak lebih aktif
-          Belajar penggunaan alat (Gunting tanaman)
-          Melatih Ananda menumbuhkan empati

Tugas:
   Eyang Uti: Membantu Ibu Mahira mengumpulkan ranting yasmine yang sudah dipotong
   Ibu: Cutting Yasmine Tree
   Mahira: Membantu Ibu dan Uti Menyapu

Saat Family Project berlangsung:
Mahira, Ibu mau ambil alat dulu untuk menggunting ini ya, ucap saya pada Mahira yang tengah bermain sepeda. Iya menjawab dengan antusias dan memasukkan sepedanya ke dalam rumah. Ia ingin membantu Ibunya. Masyaallah…

“Ibuk! Hiya auuu.” (Ibuk! Hiya mau)

Namun saya memberikan pengertian jika ia hanya dapat melihat saja, karena ranting ini keras di pangkas. Mahirapun memperhatikan di temani Utinya. Setelah banyak ranting dan daun yang terpotong dan menjadi sampah, Mahira masuk dan mengambil sapu.

“Hiya apuu duluu.” (Mahira sapu dulu)

Dengan cekatan ia menyapu sesuai kemampuannya. Saya sangat bersyukur dan senang sekali dan Mahirapun terlihat begitu happy. Masyaallah.



Spesial Tips agar tanaman melati terus berbunga;
Ada beberapa poin yang harus diperhatikan adalam merawat tanaman melati. Antaralain media yang digunakan, kebutuhan cahaya, pembibitan, pemupukan dan juga pemangkasan. Nah..kali ini saya mau berbagi tips memangkas tanaman melati:
1.     Hilangkan batang yang mati, rusak atau sakit
2.    Hilangkan batang yang kusut dan batang tua yang tidak lagi menghasilkan bunga.
3.    Hapus batang yang tumbuh menjauh dari struktur pendukung.

#KelasBundaSayang
#GameLevel3
#MyFamilyProject
#MyFamilyMyTeam


No comments:

Post a Comment