January 11, 2019

DAY 01- Reading is Fun





"The more that you read, the more things you will know". – Dr. Seuss

Alhamdulillah sudah memasuki #Tantangan Game Level 5 dengan materi yang terlove yaitu Menstimulasi Anak Suka Membaca. Sebetulnya mengenalkan Mahira dengan buku sudah menjadi Family Project yang kami jalankan sejak Mahira masih di dalam kandungan. Sedini mungkin kami gasik membangun habit dalam dunia literasi, salah satunya adalah membaca. 

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq :1-5)

Ayat di atas menunjukkan bagaimana Allah telah mengutamakan kewajiban membaca bagi hambaNya. Dengan membaca setiap manusia dapat memahami dan mempelajari sesuatu yang tidak diketahuinya dan dengan membaca seseorang dapat memperoleh informasi.

Menumbuhkan bukan memaksakan.
Mengenalkan buku kepada Mahira saya mulai dari ia dalam kandungan, tentu dengan membacakan. Kemudian pada usia 30 hari, saya memulai untuk mengenalkan bentuk buku itu sendiri pertama kalinya.  Buku pertamanya adalah Soft Book yang dapat dicuci, dengan bahan-bahan yang aman untuk bayi, meningkat menjadi hard book, dengan high contras yang full gambar, sedikit tulisan, anti sobek dengan size kecil, kemudian meningkat sesuai usianya dan keperluannya. Insyaallah...

Habit membaca saya sendiri, sudah dibangun dengan baik oleh Papa saya, bahkan saya sedikit adopsi bagaimana Papa membuat kegiatan membaca begitu menyenangkan untuk saya. Visiting ke toko buku adalah agenda rutin yang saya lakukan jauh sebelum menikah.
karena ini sudah menjadi kebiasaan saya, maka sebenarnya Mahira hanya mengikuti kebiasaan saya saja.

Kami tentu mengagendakan kegiatan rutin untuk berkunjung ke toko buku, membeli buku sesuai budget yang kami sediakan, menghadiri acara literasi, membacakan buku untuk Mahira dan mendengarkan Mahira bercerita dari buku yang ia pilih untuk dibaca, datang ke perpustakaan, membaca di spot yang menyenangkan, bahkan sedikit improvisasi membaca dengan mengunakan aplikasi yang dapat diunduh free di play store. 

Tujuan utamanya #bondingtimewithamahira namun ada upaya disana agar Mahira terbiasa terpapar buku/tidak asing dengan buku. Alhamdulillah.. Mahira begitu suka buku, antusias dalam membaca, nyaman bersama banyak buku, bersikap hati-hati saat diajak ke toko buku bahkan seperti gaya orang dewasa jika sedang memilih dan seolah membaca dengan serius.

"Tugas orangtua adalah menumbuhkan minat baca pada anaknya, bukan memaksakannya." 

Menjadikan buku tools untuk membangun habit membaca itu tidak mudah, kita bisa membeli buku sebanyak apapun untuk mereka tapi tidak menjamin kelak ia tetap suka membaca. Tugas berat parents adalah menjaga kenyamanan tersebut, bagaimana menghadirkan buku agar tetap menarik dimata anak-anak. Menumbuhkan, bukan memaksakan. 
Cara paling ampuh adalah dengan kita juga turut suka membaca. Kebiasaan yang ia dapat rekam setiap hari dan membentuk mindset dasar dalam memorinya saat melihat Ayah dan Ibu juga berkegiatan membaca utamanya dengan buku.

Tidak dengan banyak buku yang harus dibeli. Pada usia 1-4 tahun, beberapa buku bisa potensial untuk terus anak baca berulang tergantung bagaimana orangtua menyampaikan. Mengemas satu halaman menjadi menarik untuk didengar, membungkus kisah untuk membuat hatinya tanpa keluh kesah, mengembangkan cerita agar binar matanya terus terjaga. 

Berikut beberapa langkah menstimulasi si kecil agar suka membaca:

1. Rajin membacakan buku

2. Konsisten menunjukkan aktivitas membaca (Karena yang anak lihat akan menjadi visual experience yang dapat ia aplikasikan dlm kesehariannya)

3. Mengajaknya bercerita tentang buku yg dipilihnya dlm rak buku. (Mengenai tokoh, cerita, dll)

4. Menjadikan toko buku sebagai tempat yang menyenangkan.

Next level:

1. Menjadikan membaca sebagai pilihan kegiatan di waktu senggang.

2. Mengenalkan buku dg ilustrasi menarik.

3. Menghubungkan alur cerita dg kehidupan anak

4. Memeluk anak saat membaca

5. Menjadikan saat membaca sebagai kesempatan untuk berdiskusi dg anak

6. Biarkan anak yg memilih gaya membacanya

7. Menjadikan buku sebagai bekal saat berpergian.

Sumber: Resume Literacy Parenting #KelasLiterasiAnakDepok

DAY 01- Reading is Fun 

Dari pemaparan di atas, saya jadi semakin antusias dengan game level ini karena kegiatan ini semakin support saya untuk konsistensi menumbuhkan minat baca itu sendiri kepada Mahira.  Insyaallah.

Judul Buku     : AKU MAU MENDENGARKAN (Seri Sahabat si Koksi)
Karya               : Ade Yulia
Ilustrator        : Rina Afazrina
Design Cover : TVO
Editor              :FRA

Pada hari pertama, Ayah Mahira mengambil peran membacakan buku tersebut. Saya bertugas mendokumentasikan sebagai bahan evaluasi. Selepas makan malam hingga waktu menjelang tidur Mahira sudah siap masuk ke dalam tendanya, daerah otonominya yang di hias dengan beberapa buku sebagai item pelengkap yang menunjukkan self concept dirinya. 

Dia tahu jika sang ayah akan membacakan buku seperti biasanya, namun kali ini berbeda. Saya memberikannya meja lipat, dengan posisi duduk dipeluk Ayah, Mahirapun mulai menyimak buku yang dibacakan untuknya. Ia sedikit berimprovisasi, dengan ciput berwarna dusty pink seolah ia memiliki telinga seperti Cici dan Cibu, nama tokoh kelinci dalam buku tersebut. Masyaallah...

Betapa menggemaskan ketika ia berteriak nama tokoh, kosakata  yang ada di dalam buku.

"Cibu..."
"Ulaaaa...." 
"Lulu..."
"Toksiii..."
"Hutaaaan..."
"Jatuh..."
"Nangis..."
"Pegang"
"Lompat"
"Licin"
"Hati-hati ya" dll 

Respon tubuhnya sangat baik, ia mendengarkan dan sesekali mengikuti gerak tokoh dalam buku. Improvisasi lain yang Ayah dan Ibu lakukan adalah mengenalkan jumlah, warna dan kosakata baru. Mahira belajar membalik bukunya ketika Ayah sudah menyelesaikan lembar bacaan. Pesan moral dalam buku ini adalah kita harus mendengarkan nasihat baik agar selamat, mengenalkan fungsi telinga.

Keunggulan buku: 
1. Ilustrasi Bagus 
2. Font sesuai
3. Paduan warna bagus
4. Dilengkapi dengan aktivitas, pertanyaan, untuk mengeksplore isi buku.

Mahira sayang... 
Tumbuhlah jadi anak Ibu dan Ayah yang gemar membaca dengan membaca kau akan jumpa banyak pemikiran manusia, berinteraksi antar teori, memperkaya diksi, mendapat banyak informasi dan meluaskan pandangamu terhadap dunia, kau dapat petik ilmu sebanyak kau mau. (Ayah dan Ibu)







#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment