January 11, 2019

Aliran Rasa Game Level 4: Memahami Gaya Belajar Anak






Bismillah..

Alhamdulillah, atas rahmat Allah yang Maha Penyayang kami dapat menyelesaikan game level 4 selama 17 hari. Rasanya cukup haru karena harga atas konsistensi terbilang cukup mahal.

Dalam memahami gaya belajar Mahira, awalnya kami hanya akan menganalisis dari semua kegiatan pada game level 3 dengan melihat kembali dokumentasi sekaligus sebagai bentuk evaluasi terhadap cara kami belajar bersama. Namun, pada hari kedua rasanya tertumpuk dengan pengamatan pada aktivitas baru. Bagi saya ini tidak efesien, mengingat laporan itu memudahkan tapi justru saya merasa repot dengan double report.

Saya ingin melakukan pengamatan yang sebelumnya, namun aktivitas baru juga menggiyurkan untuk diamati, hingg akhirnya saya dan suami memutuskan untuk reschedule dengan aktivitas baru. Alhamdulillah.. hari demi hari Mahira menunjukan modalitas yang baik pada ketiga gaya belajar. Baik Visual, Auditori maupun Kinestetik.  Ini cukup memudahkan saya dalam memberi materi ke pada Mahira, namun ternyata peran visual experience sangat mendukung gaya belajar lainnya.

Seperti halnya ability Mahira yang meningkat atas data visualization yang ia simpan. Outputnya langsung melalui gaya belajar kinestetik. ia akan mudah menirukan sebuah gerakan, kegiatan dll yang ia lihat tanpa bertanya. Improvisasi, inisiatif yang membuat kami sangat bersyukur banyak atas perkembangan kognitifnya.  Di sisi lain, contoh saja belajar vocabulary, ia akan lebih mudah menonjolkan gaya belajar auditorinya. Bahkan dengan mendengar berkali-kali, anak akan mudah mengingat sesuatu.

Untuk itu saya selalu sesuaikan, materi dengan gaya belajar yang tepat untuknya. Sifatnya fleksible dan sangat memudahkan saya. Alhamdulillah...
Game level ini sangat seru, membuat saya lebih memahami makna belajar lebih mendalam.

"Kita tidak bisa memulai belajar tanpa tahu adabnya, tanpa tahu gaya belajar yang tepat untuk kita. Setiap aktivitas dimulai dengan permulan yang terkadang disepelekan namun memegang peran penting dalam proses belajar itu sendiri"

1 comment:

  1. Nice. Hay, I'am at @eksordium. Let's keep writing without ads interruption like on other social media.

    ReplyDelete