January 21, 2019

DAY 12- Retelling The Book


"Relling is an important part of good reading comprehension."

DAY 12- Retelling The Book

Menceritakan kembali adalah bagian penting dari pemahaman baca yang baik. Sebagai orang yang membacakan buku untuk Mahira, saya sering kali penasaran. Apakah cerita yang saya baca sudah di pahami Mahira? Seberapa banyak yang sudah ia tahu dari cerita yang saya sampaikan.

Karena indikasi keberhasilan membacakan buku, adalah pendengar paham apa yang di ceritakan. Saya memberlakukan ini sebagai komunikasi produkstif juga, karena beberapa kalimat terkadang maish dnegan bahasa saya sendiri.

Hari ini saya menyediakan beberapa buku, kurang lebih empat buku. Namun Mahira kembali memilih buku seri sahabat si koksi dengan judul Aku Mau Mendengarkan. Entah kenapa ia suka sekali buku tersebut dan karena berkali-kali dibuka dan dibacakan. Maka ia sudah begitu tahu apa yang sedang dilakukan tokoh dalam setiap halamannya.

Ia membawa buku tersebut ke Kamar Utinya dan menceritakan isi buku tersebut ke Utinya. Retelling The Book berlangsung dengan baik. Ia menyampaikan beberapa poin kuat dalam konten buku seperti.

"Cibu nanis karena takut."
"Cici jalan-jalan hutan"
"Cibu lompat"
"Cibu tatuh"
"Ada Ura"
dan beberapa part lainnya dengan bahasa Mahira dan pemahamannya mengenai buku tersebut. Namun Uti alhamdulillah memahami bahasa Mahira yang masih kadang belum jelas. Masyaallah Tabarakallah, well done Mahira.


"Dalam praktiknya retelling itu sendiri, pendengar dapat merekonstruksi sebuah cerita dalam urutan yang tepat, sambil mengidentifikasi elemen-elemen cerita seperti karakter, latar, masalah dan solusi."

#Day12
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment