January 22, 2019

DAY 13-Aisyah yang Cerdas






DAY 13-Aisyah yang Cerdas

Hari ini Mahira saya pilihkan buku yang ia beli saat kami berkunjung ke Book Store di Kota Tegal. Board Book ini menjadi perhatian saya sejak pertama kali melintas di rak buku anak-anak. Pertama karena judulnya yang menyuntikkan semangat belajar. Haha.. dan Ayah Mahira yang sering bercerita mengenai sosok perempuan mulia kekasih Allah. Seperti suggestion hebat yang langsung menggerakkan tangan saya untuk mengambil buku tersebut, tanpa ragu Ayah Mahira juga menyetujuinya. 

Seperti biasa, kami mengechek konten buku dari diksi, cerita dan juga ilustrasinya. Tidak membutuhkan waktu yang lama, mengingat buku tersebut adalah buku anak yang sedikit saja tulisannya. Sebelum memiliki buku ini, Ayah Mahira membuatkan Mahira semacam yel-yel dengan tepuk tangan. 

Tepuk Mahira.
Mahira... Anak Kuat
Anak Sehat...
Anak Cerdas...
Anak Sholihaaaaa....
Yeyyyyyy.....

Tepuk tersebut Ayah Mahira buat sebagai bentuk afirmasi positif kepada anakknya, alhamdulillah dampaknya sangat positif. Salah satunya ya kosa kata Cerdas yang tidak asing lagi untuk Mahira. karena tepuk tersebut sudah Ayah dan Ibu kenalkan sejak baby.

Buku: Aisyah Yang Cerdas 
Seri Sahabat Rasul
Penulis: Iwok Abqary 
Ilustrator: M. Isnaeni
Penerbit: Dari Mizan
Tahun: 2016

Memperkenalkan kepada Mahira, Ummul Mukminin Ummu Abdillah Aisyah binti Abu Bakr, istri tercinta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau lahir empat tahun setelah diangkatnya Muhammad menjadi seorang Nabi. Ibu beliau bernama Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Abdi Syams bin Kinanah yang meninggal dunia pada waktu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup yaitu tepatnya pada tahun ke-6 H.

Sosoknya yang cerdas, begitu menginspirasi. Allah menciptakan Aisyah sebagai tauladan yang bisa dibilang sempurna. Parasnya yang cantik, otaknya yang cerdas, akhlaknya yang baik dan juga ketaatannya terhadap Allah. MasyaAllah..
Semoga Allah senantiasa merahmatinya di sana dalam kebahagiaan haqiqi bersama Rasulullah. aamiin...

Dalam buku ini, ilustrasi disampaikan dengan apik, Mahira suka sekali menyebut kata Aisyah yang cerdas. Sekalipun ia belum begitu paham maknanya, namun saat membaca ini ia seolah paham saja. Beberapa tampilan ilustrasi berlatar kota arab, dikemas dengan konsistensi warna yang cocok untuk anak-anak, menyisipkan banyak kosakata baru yang mudah dipahami anak, bagaimana  rumah di arab, lengkap dengan khasnya pohon kurma. 

"Ini rumah di Mekkah dan Madinah kala itu nak,
Ada banyak pohon kurma di sana."

"Tumah!" Ucapnya mengikutiku.
"Turma!" Ucapnya lagi 

Mahira juga menggerakkan tangannnya mengikuti tampilan tokoh yang ada di gambar. Ia bilang "Bu..Ada Kakak!" Ia mulai memahami jika ada tokoh anak-anak yang ia sebut sebagai Kakak tersebut. MasyaAllah...

Mahira suka sekali buku ini, ia membukanya satu persatu halaman dengan seolah memahami isi cerita yang disampaikan oleh saya. MasyaAllah.. :)





#Day13
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment