January 19, 2019

DAY 10- Naik kereta api, tuutt...tuutt...



DAY 10- Naik kereta api, tuutt...tuutt...

Naik kereta api ... tut ... tut ... tutSiapa hendak turutKe Bandung ... Surabaya ...Bolehlah naik dengan percumaAyo temanku lekas naikKeretaku tak berhenti lama

Cepat kretaku jalan ...tut...tut...tutBanyak penumpang turutK'retaku sudah penatKarena beban terlalu beratDi sinilah ada stasiunPenumpang semua turun
Begitulah lirik lagu kereta api anak yang baru saya tahu versi lengkapnya. HAHA... Lagu tersebut saya nyanyikan untuk Mahira sebagai salah satu media belajar yang menyenangkan. Bernyanyi bisa kita jadikan media belajar yang bisa mendukung anak untuk mudah mengingat objek cerita dalam buku. Kebetulan hari ini saya menyiapkan buku lama yang langsung Mahira ambil saat saya bilang kata "kereta api". 
Tepat sekali rasanya memilih buku tersebut, dengan suasana di dalam kereta saat kami melakukan perjalanan ke kota kelahiran Mahira. Namun, Mahira justru lebih antusias saat kami membacakan buku di mobil, ia dapat menunjuk langsung berbagai moda transportasi yang ada di dalam buku. Saat di dalam kereta, ia justru berdendang lagu yang baru saya ketahui lirik lengkapnya. 
Buku: Suara Apa Itu?Penulis: Devi RaissaIlustrator: Guntur GPenerbit: PT. Lubang Kelinci Indonesia
Buku ini terdiri dari dua versi  paper back dan juga board book. Kebetulan Mahira beli yang board book kala itu. Buku karya seorang psikolog anak sekaligus owner Rabbit Hole bernama Devi Raissa ini secara konten bagus tentunya dari tujuan isi cerita dan juga alur cerita itu sendiri.
Mbak Devi dibantu dengan sang ilustrator Guntur G. telah berhasil membuat buku anak khas Indonesia. Dengan ilustrasi yang cakep dan disertai design buku yang unik perhalamannya. Begitu khas Indonesia karena buku ini menampilkan lokasi di pusat Kota Jakarta dan mengenalkan moda transportasi yang memang ada di Indonesia, khususnya di Kota Jakarta. Nice!
Seperti pada gambar ada suara tuuuuttt...tuuuutttt.... dan setelah halaman dibuka, ternyata asal dari suara tersebut adalah kereta api. Begitupula transportasi yang lainnya. Tujuan dari buku ini memang memperkenalkan anak-anak dengan suara-suara yang dihasilkan oleh transportasi yang sering kita jumpai sehari-hari. 
Buku ini bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan untuk mengenalkan anak tentang suara alat transportasi. Apalagi saat di dalam mobil Mahira begitu suka melihat kendaraan lain melalui jendela mobil. Ia begitu excited melihat bis trans dan juga pesawat. 




#Day10
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst



No comments:

Post a Comment