January 20, 2019

DAY 11- Mengembalikan buku di TBM





DAY 11- Mengembalikan buku di TBM

Sabtu sore kemarin, AGM Family mengadakan acara di rumah. 
Mengenalkan literasi, berdoa bersama, sharing dan ngobrol asik mengenai cita-cita. 
Mahira mengundang sekitar 70 anak dalam kegiatan tersebut, namun sayang sekali tidak semua hadir. Namun alhamdulillah, acara berjalan dengan baik dan bonding terjalin cukup baik.

Konsep acara sangat sederhana, saya menyediakan buku-buku bacaan yang saya pinjam dari TBM Kupu-kupu. Kemudian mereka bisa asik membaca di ruang yang sudah kami sediakan. Sambil menunggu acara inti, saya dibantu teman saya untuk  sedekah energi. 

Begitu menyenangkan dan haru rasanya. Dilanjutkan dengan memohon ampun bersama dipimpin oleh Ustad Zamroni. Setelah sudah kamipun berdoa bersama dengan begitu khidmat, doa tersebut dipimpin oleh Adinda Khusnul. Kemudian kami ngobrol asik mengenai cita-cita. 

Mahira turut antusias, namun karena baru tiba dari Jakarta ia lebih quality time dengan Utinya. Jadi tidak terlalu membaur banyak. Sempat juga pas waktu sholat ashar bersama, Mahira minta pakai mukena dan sholat di sana bersama kakak-kakak yang hadir. Masyaallah... bonding terjalin di sana. Indah sekali. Masyaallah.

Hari minggunya saya berencana mengembalikan buku ke taman baca dan membacakan buku di sana bersama Mahira. Namun karena waktu kami di desak gerimis untuk segera pulang, maka kami hanya sempat melihat-lihat koleksi barunya sebentar. Mahira sempat bingung, mau pilih buku yang mana. hihi.. Jadi hari ini Mahira menemani saya mengembalikan buku ke TBM saja tanpa dibacakan buku. Rencananya kami akan ke TBM lain hari lagi. Masyaallah...

Memperlancar penyebutan huruf hijaiyah

Bada' sholat magrib, Mahira begitu high energy. Sleep routinenya sudah bagus beberapa hari ini. Sehingga saya sangat terbantu dalam semua kondisi. Semoga bisa terus demikian baik. Aamiin.

Dengan cekatan saya mengambil iqranya dan sengaja saya  geletakkan dekat dengan tempat yang bisa ia lihat. Dengan segera ia dapat menemukan kemudian langsung saja mengajak kakung dan utinya mengaji.

Mengaji Part 1 dengan Eyang Kakung dan mengaji part 2 dengan Eyang putri. Mahira membaca,
Buku: Iqra Balita. Ngaji Yuk! Jilid 1
Karya: Ngara Rizky
Penerbit: Kinsky

Mahira repeat pada halaman awal dengan huruf hijaiyah yang sebelumnya sudah ia sering baca. Bagi saya mengulang-ulang bacaan adalah hal yang baik, anak akan merekam sesuatu dengan kemampuan auditorinya masing-masing, sehingga semakin kita memperdengarkan hal yang baik maka yang tertanam di otaknya adalah kebaikan.


" Lebih baik membaca satu bab dua kali dari pada membaca dua bab satu kali"
(Papa)






#Day11
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment