January 25, 2019

DAY 16 - Khadijah Muslimah Pertama




Setiap Anak Itu Unik! Kenali keunikannya

Terdakang kita terlalu abai dengan segala tingkah polah anak, padahal dalam semua tingkah polahnya tersebut kita bisa menemukan berbagai hal yang disebut sebagai indikasi. Entah Indikasi positif atau negatif, orangtua harus cermat terhadap hal tersebut.

Bagi saya, mengamati tumbuh kembang Mahira begitu menyenangkan. Membersamai perjuangan dia dalam proses belajar begitu membuat saya semakin sadar diri, bahwa anak sekacil ini saja mampu untuk berusaha, masa saya sebagai Ibunya cepat menyerah?

Contoh saja, terkadang Mahira bertingkah dengan gaya membaca yang aneh-aneh. Saya selalu memintanya untuk duduk dengan baik, makanya saya sering memangkunya. Begitu pula Ayahnya. Namun namanya anak seusia Mahira terkadang bisa dikondisikan namun sering kali tidak. 

Seperti hari ini, dia lagi senang dengan laundry basket. Bahkan kegiatan membacapun ia menggunakan itu sebagai penutup kepala. Ia juga menggunakan baby walkernya untuk meja. Entah apa imajinya, terkadang saya terkekeh dibuatnya. Sekalipun gayanya terkadang aneh, saya memahami ini sebagai bentuk kreatifitasnya dalam mengekspresikan keinginan. 

Tak saya permasalahkan, asal tidak mengganggu kegiatan membacanya. Ia tetap seru atau asyik mendengarkan saya sekalipun dengan atribut yang mengganggu mata saya. MasyaAllah...
Semoga terus bisa nyaman dengan gaya membaca yang normal-normal saja ya nak,, hehe,,,


Judul buku: Khadijah Muslimah Pertama
Penulis: Iwok Abqary
Ilustrator: M. Isnaeni
Penerbit: Dari Mizan
Tahun: 2018

Apa itu 3 K?

Dalam sebuah artikel medis menjelaskan bahwa Orang tua, perlu  menghargai keunikan anak. Mulailah dengan menyediakan waktu untuk masing masing anak. Amati setiap anak untuk MENGENALI sedikitnya 3 K. Apa itu 3 K?

1. KEMAMPUAN
Dari aspek Kemampuan, kenalilah kemampuan setiap anak misalnya mulai dari kemampuan untuk belajar berjalan, berbicara, berkonsentrasi, sampai pada kemampuan memecahkan soal-soal.

2. KEBUTUHAN
Dari aspek Kebutuhan, kenalilah kebutuhan anak, misalnya beberapa anak terlalu aktif dan tidak bisa diam, sementara anak lainnya hampir tidak bergerak sama sekali. Mereka berbeda dalam hal kebutuhan untuk bergerak. Ada juga anak yang tidak suka makan dan anak yang kelihatannya suka makan terus. Mereka berbeda dalam hal kebutuhan mendapatkan makanan.

3. KESENANGAN
Perbedaan pada aspek Kesenangan. Perbedaan kesenangan ini memang banyak dipengaruhi oleh lingkungan, namun sekali kesenangan tertentu terbentuk maka kesenangan ini akan menambah keunikan seorang anak, misalnya anak yang satu senang olahraga, sedangkan anak yang lain senang menari, atau anak lainnya senang melukis.

Hal yang penting lainnya untuk mengenali keunikan anak adalah dengan membiasakan anak untuk menyatakan pendapatnya. Apabila anak berani mengemukakan pendapatnya, ia akan dapat mengatakan apa yang ia butuhkan dan apa yang ia senangi. Dan penting sekali setelah mengenali mereka, orangtua MENGHARGAINYAdan MENERIMANYA. Sapalah dia dengan keunikannya. Menerima kenyataan adalah hal yang paling penting bagi orang tua untuk dapat mengenali dan kemudian menghargai keunikan anak.

Dari hal tersebut, saya mengamati keunikan Mahira pada gayanya dalam membaca. Saya berusaha menghargainya dan menerimanya, terkadang saya support dengan membiarkan ia dalam hal tersebut. Selama tidak berbahaya dan kegiatan membaca berlangsung dengan baik.

#Day16
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment