April 29, 2019

Day 5- Fungsi uang part 3 (Kewajiban berbagi)




"Bersedekahlah. Jangan engkau kumpul-kumpulkan hartamu dalam wadah dan enggan memberi infak, niscaya Allah akan menyempitkan rezekimu." (HR. Al-Bukhari)

#Day 05
Alhamdulillah sudah memasuki hari kelima tantangan game level 8, sesuai plan selanjutnya mengenalkan fungsi uang kepada Mahira. Kali ini saya akan mengenalkan fungsi uang sebagai kewajiban berbagi. Berbagi disini tentu saya arahkan kepada berbagi rezeki, rezeki yang dibagi adalah sebagian uang yang kita miliki. Bagaimana kegiatan hari ini dapat berlangsung dengan baik? Tentunya semua atas izin dari Allah yang telah memberi saya kemampuan dan semangat untuk menjalankan tiap proses pendidikan untuk Mahira. Namun, saya juga melakukan banyak upaya untuk memahamkan Mahira kepada konsep berbagi jauh sebelum hari ini.

Perjalanan dalam memahamkan proses berbagi untuk Mahira.
Sebetulnya menurut saya perlu prepare panjang untuk mengenalkan Mahira pada kewajiban berbagi. Saya memang memulainya sejak saat di dalam kandungan karena saya meyakini, sekolah pertama bagi anak berlangsung sejak ia ada dalam rahim ibunya. Sepertinya akan menjadi pekerjaan ekstra bagi orangtua. Jika misal kelak kita ingin anak untuk ikhlas berbagi apa yang ia miliki tanpa eyel-eyelan jika tidak dilakukan proses pengenalan mengenai berbagi sejak dini. Saya melakukan ini semua, karena saya kelak ingin ia tetap berbagi dengan ikhlas kepada siapa saja yang membutuhkan bantuannya baik ide, materi, tenaga dalam hal kebaikan. Aamiin.

Melibatkan ia dalam kegiatan berbagi sangat mengasyikkan. Seperti adrenalin rush yang after finish membuat saya bahagia. Saat ia lahir juga demikian, sampai akhirnya saya mengajarkan konsep berbagi melalui sebuah permainan motorik saat ia berusia tujuh bulan. Saya membuatkannya koin dengan bahan dari kardus untuk dimasukkan ke dalam sebuah kotak yang saya buat dari dus sepatu. Kegiatan ini adalah kali pertamanya saya mengenalkan padanya stimulus menabung, walaupun tujuan awalnya adalah berlatih motorik halus. Namun kegiatan ini sangat berdampak positif.




Kemudian saya terus menerus kenalkan Mahira pada kegiatan berbagi lain, tentunya dengan tauladan dan melibatkan ia secara langsung. Misal saja kegiatan ramadan berbagi yang diadakan IP Semarang, berbagi makanan dengan tetangga, meminjamkan mainan dengan teman, kegiatan bersama S3, kegiatan santunan bersama Lazis, kegiatan santunan di Mizan Amanah, memberi bantuan kepada anggota keluarga di rumah, menawarkan bantuan kepada anggota keluarga di rumah, dan kegiatan santunan rutin dengan anak-anak yatim piatu yang kami jadikan Family Project. Semua kegiatan berbagi saya kenalkan bahkan hanya sekadar senyum. Semoga istiqomah. Aamiin.








Saya dan suami sepakat kelak kebiasaan orangtua yang menauladani berbagi, dapat terekam dalam otak anaknya sehingga semoganya anak tersebut dapat tumbuh menjadi anak yang memasukkan kegiatan sharing dalam pengelolaan pendapatannya dan juga kebiasaan baik dalam hidupnya. 

Berbagi itu indah!
Tujuan:
- Mengenalkan fungsi uang untuk sharing
- Infak Masjid
- Mengenalkan kewajiban berbagi

Kegiatan:
- Mengajak Mahira untuk berbagi uang sebagai gift kepada musisi yang ada di sebuah restoran saat kami makan.
- Mengajak Mahira untuk berinfak di Masjid, setelah selesai sholat.
- Mengajak Mahira memasukkan uang ke dalam amplop-amplop dan memberikannya kepada para kekasih rasulullah.



Respon Mahira: 
Ia mengikuti semua kegiatan  dengan baik, sambil terus menanyakan apa saja yang ia ingin tanyakan. Masyaallah. Ia begitu bersemangat dan selalu melepas senyum bahagia. Masyaallah.



Mahira bersama kakak-kakak luar biasa kekasih rasulullah 
#KuliahBunsayIIP
#Tantang10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment