April 28, 2019

Day 04-Fungsi Uang part 2 (Menabung itu seru!)




"Saat menabung, anak mulai mengenal angka, belajar menahan diri, dan memahami mana yang jadi prioritas," (Ratih Ibrahim)

#Day04

Alhamdulillah setelah mengenalkan fungsi uang sebagai alat tukar, sekarang saatnya mengenalkan fungsi uang untuk menabung. Saya ingin mengajak Mahira melakukan kegiatan menabung dengan asyik, sehingga ia terbiasa menyukai menabung sedini mungkin.

"Menabung itu seruuuu." Ucap saya padanya.

"Yeyyyyyyyy..." Ia sangat senang. 

Saya sering mendengar, banyak yang beranggapan tidak baik untuk mengenalkan uang pada anak, karena orangtua saya sendiri beranggapan bahwa saya terlalu dini mengenalkan uang pada Mahira. Ortu mengkhawatirkan anak akan menjadi konsumtif atau mata duitan dsb. Namun, saya beranggapan mengenalkan uang pada anak sejak dini justru mengajak mereka menghargai uang dan juga bisa belajar mengenal nominal. 

Menanamkan perilaku menabung dengan menggunakan tabungan yang dibuat sendiri dengan bahan bekas dengan harapan akan membuat ia begitu menghargai bahwa ternyata benda disekitar dapat dimanfaatkan.  Kelak ketika ia sudah bersekolah, tahap menabung akan saya lanjutkan pada pengelolaan uang. Insyaallah.

Menabung itu seru! (Membuat tabungan dari bahan bekas)
Tujuan:
- Menstimulasi anak suka menabung
- Mengenalkan fungsi uang 
- Mengenalkan konsep 3S secara sederhana
- Mengenalkan nominal uang kecil
- Berlatih melipat
- Berlatih berhitung
- Mengenal warna
- Berlatih memahami instruksi verbal dengan dua perintah bersamaan.
- Memanfaatkan bahan bekas di rumah

Kegiatan:
Membuat tabungan dari bahan bekas, yaitu dari kaleng snack, properti sisa acara dan kertas origami bekas yang sudah ada coretan. 




Saya mengumpulkan bahan bekas yang ada di rumah dan bisa dimanfaatkan untuk membuat tabungan. Menyiapkan alat dan kebutuhan lain. Mahira membantu saya mengelap kaleng dengan tisu basah. Lalu saya mulai membuat tabungan dan ia membantu saya untuk menghias tabungan itu versinya. Ia memilih sendiri pernak pernik yang akan dipasang. 

Tabungan kali ini penuh dengan warna, dengan tiga tabung yaitu:
- Tabung Kuning untuk Share
- Tabung Pink untuk Spend
- Tabung Biru untuk Save

Kemudian pada akhir sesi, saya mengajak Mahira menabungkan uang kembalian belanja kemarin yang di tambah dengan uang koin dan kertas yang belum ia masukkan ke tabungan. Saya mengarahkan Mahira dengan instruksi verbal. Mengenal nominal dan juga warna. 

Tabungan Mahira bisa dijadikan hiasan meja belajarnya lho, karena ia kasih bunga. Jadi mirip seperti Vas bewarna. Masyaallah.





Respon Mahira
Mahira sangat senang sekali, ia begitu bersemangat mengelap ketiga kaleng bekas snack dan memilihkan hiasan yang cocok yaitu bunga bewarna kuning, sisa dari dekorasi acara yang saya kumpulkan kali saja bermanfaat. 

"Ibu, ini bisa untuk minum." Celetuknya sambil praktik minum.

"Seperti gelas ya?" timpal saya.

"Iyaa, minum dulu." Ia berakting minum dengan serius. 

Mahira sangat senang sekali, ia bilang besok akan menabung lagi. Untuk beli buku. Masyaallah...

"Dalam prosesnya, menabung itu yang penting adalah konsisten, tidak hanya pada waktu tertentu saja,"  (Ratih Ibrahim)


#KuliahBunsayIIP
#Tantang10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment