April 4, 2019

Day 08- Mengenal nama tanaman di kebun

Tidak terasa hari ini sudah memasuki hari kedelapan, kegiatan yang saya rencanakan hari ini adalah aktivitas outdoor di kebun depan rumah. Mahira saya biarkan berlari kesana kemari dengan riang, menemukan nyamannya bersama alam.

Biasanya saat sore hari koloni burung bangau kembali ke utara dengan berbagai formasi, ada semburat warna senja yang indah di langit,  sembari menunggu Ayah pulang untuk menantikan moment itu bersama. Saya dan Mahira menemani Eyang Kakung memangkas tanaman kurma dan mengenalkan nama tanaman yang ada di kebun.

Mahira sangat bersemangat, awalnya saya menyebutkan beberapa tanaman untuk membantunya mengingat kembali. Namun dengan cepat ia menyebutkan nama tanaman tersebut. Akhirnya sambil berjalan santai berkeliling kebun, saya menanyakan nama tanaman tersebut dan Mahira menunjuk tanaman yang saya sebutkan.

Ada tanaman delima, cabe, kurma, kelengkeng, rambutan, tin, kelor, mangga, pepaya, jeruk, jambu, dll Saat itu Eyang kakung bertanya,

"Mana Pepaya?"

Seketika Mahira mendekat ke pohon pepaya yang penuh dengan gerombolan buah yang masih mentah.

"Itu dia."
"Ini juga Pepaya Mahira." Jelas Eyangnya sambil menunjuk pohon pepaya lain yang masih kecil\belum berbuah.

"No..Bukan. Ini yang pepaya." Mahira kekeuh menunjuk pohon pepaya yang lengkap dengan buahnya.

Seketika kamipun tertawa karena memang pertanyaan eyang kakung mengacu ke Pepaya bukan pohon Pepaya. Masyaallah..

Serunya beberapa tanaman lain dengan mudah ia tunjuk, namun karena terlalu banyak dan beberapa tidak ada buahnya. Ia sering kali lupa.

Saat Eyang membersihkan pohon kurma yang usianya sama seperti Mahira, Eyang menemukan sarang burung. Ternyata di dalamnya ada telurnya dan tidak sengaja terjatuh dan pecah. Mahira nampak sedih sekali. Wajahnya bermimik kecewa.

"Kasian telur burung jatuh, rusak." Ucapnya polos.

Eyang kakungpun meminta maaf karena tidak sengaja saat mengambil kurang hati-hati. Kemudian Mahira bilang jika Ibunya nanti nangis. Ia begitu empati terhadap hal demikian, namun untuk memenggal sedihnya saya mengajaknya bermain lagi di halaman dan menunggu ketibaan Ayah untuk menikmati senja dengan hiasan formasi burung bangau ke arah utara.

Hari ini kegiatan yang kami lakukan sangat sederhana, dengan kegiatan di kebun saja. Namun Mahira begitu antusias untuk mengetahui banyak hal, apa saja yang ada di kebun dan nama tanaman yang ada di kebun. Saya juga dapat memberikannya pengertian dari kejadian hari ini, bahwa kita harus selalu bersikap hati-hati dan mengetahui bahwa ada ciptaan Allah lainnya selain manusia dan juga hewan, yaitu tumbuhan.


#Day08
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

No comments:

Post a Comment