April 9, 2019

Day 13- Mahira nonton Drum band

Hari ini TPQ Tarbiyatus Sibyan mengadakan gelar acara khotmil Quran. Bagi kami, gelar acara ini merupakan acara besar yang dinantikan oleh kaum ibu terutama ibu yang menyekolahkan anaknya di TPQ tersebut.

Sebelum khotmil Quran berlangsung, anak-anak di arak keliling desa. Dengan menggunakan becak. Aksi drum band MI dan MTS pun bergema di desa kami.
Mereka semua sangat bersemangat.

Tak satupun saya lihat yang nampak sedih, mereka (anak-anak) berbinar dan senang mengikuti rangkaian acara ini...

Mahira baru saja bangun dari tidur siangnya, kami menginfokan jika ada aksi drum band yang akan lewat di depan rumah. Iapun bilang,

"Ibuk lihaaattt!!"

"Ibu ketudung, Ibu sepatu."

Sekalipun agak terburu, ia tetap ingin menggunakan kerudungnya dan mengganti pakaiannya agar menutup aurat. Memang hal ini sudah saya biasakan dari ia bayi, sehingga tak heran jika Mahira berlama-lama dengan hijabnya.

Saat drum band lewat, ia memperhatikan sungguh-sungguh. Ini kali pertamanya ia melihat aksi semacam karnaval.

"Ibu, barongsainya habis." Ucapnya membuat saja terkaget.

"Barongsai? ini bukan barongsai nak, tapi drum band." Jelas saya.

Ia memang pernah melihat barongsai di Pekalongan dan juga saat masih di Jakarta, pakaian mereka tentu beda tapi ada kemiripan dengan bulu-bulu merah khas etnis cina. Saya menatap dengan baik raut wajahnya yang baru saja bangun tidur. Ia masih dapat fokus mengingat beberapa kejadian lalu yang ia kaitkan pada hari ini.

Sekalipun ia tidak begitu enerjik mengingat masih lemas karena bangun tidur, namun memorinya cukup bagus mengingat beberapa kejadian yang sudah lalu. Iapun bercerita, mengingat jika dulu pernah di pegang oleh ondel-ondel saat nonton di pinggir jalan. Ia bilang,

"Hiya kasih uang ondelnya."

"Terus kalau drum band?" tanyaku

"Ndak kasih buk. Ndak ada ondelnya."

Iapun mencoba memahami perbedaan aksi drum band, barongsai dan ondel. Saat saya menjelaskan ia sangat serius menyimak. Masyaallah..






#Day13
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

No comments:

Post a Comment