September 3, 2018

Berburu di Pulau Buru






Bismillah...

Judul dan postingan ini saya pilih untuk mengawali tantangan ODOP Batch #6 hari ini ini. InsyaAllah selama dua bulan, Ibu Mahira akan posting di blog sebagai bentuk menjalankan tugas komunitas hingga terjadi peralihan bahwa “menulis adalah kebutuhan” dan terwujudlah visi saya dalam membentuk habit menulis. Aaamin...

Siang itu tanggal 19 Agustus, saya iseng berkunjung ke papan searching instagram hingga saya mendarat dalam sebuah akun yaitu  @komunitas.odop Akun ini memposting oprec peserta ODOP batch #6. Entah karena semangat pitulasan yang masih teradopsi sempurna dalam sanubari atau rasa iri terhadap bendera merah putih yang tak gentar berkibar setiap bulan Agustus. Saya memberanikan diri untuk melakukan registrasi dengan begitu cepatnya.

“Wuuuuuuuzzzzzzzz........!!!”  Seperti Barry Allen saat berwujud The Flash.

Namun sayangnya keinginan menulis belum seperti The Flash yang makwuzz dalam menuliskan tiap ide yang ngendon di pikiran.  Alias belum berbanding lurus dengan keinginan membeli buku yang tak terkendali. Saya merasa belum menemukan balancing antara membaca dan menulis.

Sebagai upaya mencapai visi saya dalam membentuk habit menulis, maka sepertinya keputusan join dengan ODOP adalah tepat. ODOP (One Day One Post) adalah komunitas yang didalamnya akan memaksa anggotanya untuk menulis setiap hari.  Begitulah yang disampaikan oleh Founder ODOP bernama Bang Syaiha dalam materi Sejarah Komunitas ODOP yang di sampaikan oleh Bang MS Wijaya.

Teringat pesan Ayahanda terkait kata “dipaksa” beliau menuturkan kepada saya yang sangat sulit untuk makan buah dan sayur kala masih dibangku SMP,

 Ada kalanya kebaikan sifatnya harus dipaksa terlebih dahulu, seperti belajar agar luas wawasan, seperti olahraga agar sehat, seperti makan buah agar BAB lancar, dengan keterpaksaan itu nantinya kamu akan mendapat manfaat dan semoga dari manfaat kebaikan itu akan lahir keikhlasan.”

Dan untuk sebagian aktivitas terpaksa itu saya merasakan betul dampaknya. Makna terpaksa bergeser beraturan menjadi hal biasa tanpa merasa terpaksa lagi.  Mungkin ini juga akan saya berlakukan untuk habit menulis yang ingin saya wujudkan. Semoga Allah mampukan.

Alhamdulillah.. Pada tanggal 26 Agustus, nama saya berada diantara 138 Peserta yang berhasil masuk dalam batch #6 kali ini. Masuk dalam WAG “Pra ODOP Batch 6” berjumpa dengan beberapa kawan yang sudah saya kenal. Mereka semua teman-teman satu frekuensi yang habit menulisnya sudah cukup bagus dengan bukti banyaknya arsip dalam blognya. Sedangkan saya adalah A Fresh Beginning yang ibarat kena cipratan air dari ban mobil yang melintas genangan air saja bisa menggerutu. Maka dari itu saya beranikan diri untuk nyemplung dan berburu di Pulau Buru.

Pulau Buru
Adalah nama grup kecil yang mewadahi saya dan dua puluh delapan anggota lainnya untuk saling menyemangati, berbagi dan menginspirasi. Ada tiga admin yang bertugas ekstra menjaga Pulau Buru agar layak huni. Saya tidak akan membahas apa itu Pulau Buru dan alasan apa hingga tim memilih nama ini karena saya tidak tahu. Haha... Tapi perlu diketahui, saya disini sedang berburu Ilmu.

Di Pulau buru semua penghuninya kelak memiliki Blog yang memposting masing-masing tulisan mereka setiap hari, dari tulisan-tulisan tersebut biasanya saya agendakan Blog Walking dan itu sama seperti saya sedang berburu ilmu.

Pun tim ODOP sendiri sudah mempersiapkan jadwal kelas dari hari Senin hingga Jumat. Dengan adanya jadwal kegiatan di WAG Besar dan Grup Kecil ( Pulau Buru ) akan penuh manfaat, InsyaAllah. Dan tugas berburu ilmu masih terus berlanjut dengan pencapaian: tulisan saya semakin baik, kontennya menemukan genre yang sesuai, mendapat banyak ilmu dari materi yang di sampaikan Tim dan juga tulisan teman-teman yang saya baca.




Betapa saya sangat bersyukur menemukan komunitas ini, yang mendekatkan mimpi saya untuk dapat membangun habit menulis, membalancingkan kegiatan membaca dengan menulis, mengisi arsip Blog dengan genre yang masih dalam pertimbangan . Semoga saya dapat menjalankan tantangan ODOP, konsisten dalam menulis dan bersinergi dalam mencapai tujuan ODOP itu sendiri. Amin..
Selamat Berburu di Pulau Buru!!


#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
#Day 01

25 comments:

  1. Replies
    1. terimakasih kaa.. MasyaAllah
      .. Kita sama-sama belajar ya..

      Delete
  2. sayaaa juga sangat bersyukur menemukan komunitas ini bunnn, bikin mecuttt untuk komit menulis dan menulis

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Masih blm maksimal. Jika ada tutorial untuk mmpercantik blog ini pd bbrpa bagian yg diperlukan utk diperbaiki, mau ya kaa..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hai Bunda Mahira, semoga kita bisa sama-sama menjaga konsistensi ya, Syemangat

    ReplyDelete
  6. kutipan favorit hari ini "kebaikan harus dipaksa terlebih dahulu" ngena banget ~salam odop~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kebaikan yang sulit kita lakukan saja ya kaa... Hehe..

      Delete
  7. Saya telat post hari ini hikz hikz.
    ... minta semangatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rapel ya kaa.. Sekalian tiga tulisan sama besok. Belajar manajemen waktu. Tetap semangat. Uhuuuy...

      Delete
  8. Semangat mbak, kita sama sama berburu yak dua bulan kendepan. 😁💪

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. WAG Whats App Group

      Kira saya sdh tahu semua. Hehe..

      Delete
  10. Semoga kita semua yg ada di pulau buru bisa bertahan sampai akhir, ya bund.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah...semangat dan saling menyemangati!!! Uyeeaaaaah


      Delete
  11. Aku ikut berburu bersamamu Mama Mahira. ✊😍

    ReplyDelete
  12. Aamiin. Semoga kita semua konsisten menulis. Template blognya bagus kak, aku suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya.. Sini aku bisikin sesuatu: "Waktu bikin aku pakai koyo, sankin pusingnya karena gaptek" haha..

      Delete