September 23, 2018

BUNDA BERKISAH




ber.ki.sah
Verba (kata kerja) bercerita

Demikian saat saya mencoba mencari definisi berkisah pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengertian lain mengenai berkisah,

Bercerita atau berkisah adalah menceritakan kembali pengalaman peristiwa yang telah terjadi seperti sejarah, biografi tokoh, disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain. Hal ini sesuai dengan yang diutarakan S Bachtiar Bachri dalam buku yang berjudul Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya).

Mengenai berkisah atau bercerita bukan hal yang baru bagi saya. Sejak kecil saya gemar menceritakan semua hal kepada orangtua saya sebagai bentuk menyampaikan ekspresi. Bertumbuh hingga menjadi seorang calon Ibu kala itu, saya semakin senang berkisah. Saya berkisah kepadanya tanpa keraguan, seolah ia mendengarnya dengan baik dari dalam perut.

“Anak Ibu, saat ini Ibu sedang di pasar Petarukan. Hari ini ibu akan beli beberapa bahan-bahan makanan untuk stok di dalam kulkas. Mahira mau Ibu masak apa? Bagaimana dengan Ubi rebus yang nanti Ibu parut dan campur dengan kelapa? Rasanya enak sekali, kelak Mahira lahir dan tumbuh besar, Mahira bisa makan bersama Ibu ya..” Saya berkisah kala di pasar.

“Nak.. ini namanya Gang, Gang adalah jalan kecil. Dalam gang ini kita harus belajar lebih menghargai saat berpapasan dengan kendaraan lain, karena sempit kita harus bergantian masuk. Ibu lewat jalan ini agar cepat mencapai toko yang Ibu tuju. Hari ini Ibu akan membeli Flash Disk” Saya berkisah kala menlewati gang.

Hampir setiap waktu saya senang berkisah kepada Mahira, menceritakan setiap hal yang saya lalui bahkan tidak sabar untuk segera melewatinya bersama. Pun saat Mahira sudah lahir hingga saat ini, Mahira setia mendengar kisah saya.

Kelak Mahira berkisah juga ya..
Berkisah mengenai hal yang kau sebut bahagia
Berkisah mengenai hal yang kau sebut luka
Kelak jadikan Ibu tempat pertama kau berkisah
Kita bertukar keluh kesah
Kita penggal bersama suasana resah
Berkisah mengenai hal-hal luar biasa yang belum Ibu tahu
Berkisahlah tanpa ragu!
Sebelum kau mampu itu, izinkan Ibu berkisah untukmu terlebih dahulu.

Berkisah adalah cara yang paling mudah untuk mentransfer ilmu. Saya yakin semua orangtua mampu berkisah untuk anak-anaknya. Mungkin hanya 10 menit saja setiap hari tapi hal itu memberi informasi yang sangat berarti. Butuh konsistensi dalam membiasakan orangtua berkisah. Konsistensi itu dapat diupayakan dengan banyak cara, versi saya adalah:
* Niatkan dalam hati secara sungguh-sungguh *Komunikasikan dengan pasangan dan ananda *Tentukan Waktu * Tentukan Tema berkisah * Perbanyak bacaan dari buku dll sebagai literatur * Mengikuti challenge atau komunitas yang mendukung untuk membangun habit berkisah * Buat checklist pada post it * Konsistensi

Menurut Tadkiroatun Musfiroh, (2005:95) ditinjau dari beberapa aspek, manfaat bercerita antara lain:
1.     Membantu pembentukan pribadi dan moral anak
2.    Menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi
3.    Memacu kemampuan verbal anak
4.    Merangsang minat menulis anak
5.    Merangsang minat baca anak
6.    Membuka cakrawala pengetahuan anak
Sedangkan menurut Bachtiar S. Bachri (2005: 11), manfaat bercerita adalah dapat memperluas wawasan dan cara berfikir anak, sebab dalam bercerita anak mendapat tambahan pengalaman yang bisa jadi merupakan hal baru baginya.

Berkisah bagai kebutuhan yang penting untuk Ananda ya? MasyaAllah… Sebagai parents kita harus niatkan kegiatan berkisah untuk ananda walaupun hanya 5-10 menit setaip harinya. Bagaimana menyemangati diri? Kiranya dengan manfaat luar biasa  tersebut, kita masih enggan untuk berkisah kepada Ananda? Hehe…

Bunda berkisah yuuuuk!!

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.”
(QS. Yusuf: 111)

#Day 0
#BundaBerkisah
#PejuangLiterasi
#komunitasonedatonepost
#ODOP_6

1 comment:

  1. Keren nah ibunya Mahira nih... Jadi pengen jadi adeknya Mahira. Hehehe... Meski ada typo dikit, kisah bukan kisah ibu...

    Eh maaf kemarin ngga jadi nge-es. Ketiduran keduluan hujan bangunnya..

    ReplyDelete