September 21, 2018

TERTUNTUT KREATIF







DAY16 -TantanganGameLevel1
*Komunikasi dengan Anak*

Apa itu kreatif?
 Pengertian kreatifitas yang dikutip dari situs kbbi.web.id, kreatif /kre·a·tif/ /kréatif/ memiliki arti sesuatu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan; menciptakan daya cipta atau bersifat (mengandung) daya cipta. Pekerjaan yang menuntuk imajinasi dan kecerdasan.

“Kreatif adalah skill untuk menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, dan mengkombinasikan beberapa konsep yang sudah mindstream di masyarakat dirubah menjadi suatu konsep yang berbeda” (James R. Evans, 1994)

“Kreatif adalah skill untuk menyelesaikan sebuah kasus yang memberi kesempatan kepada setiap personal untuk berkreasi untuk memunculkan ide-ide baru/adaptif yang memiliki fungsi dan kegunaan secara menyeluruh untuk berkembang” (Widyatun,1999)
Lalu bagaimana menjadi Ibu yang kreatif? Saya sendiri tidak bisa menjawabnya, namun terkadang beberapa keadaan menuntut saya untuk menjadi kreatif, dalam hal ini kreatifnya sesuai pengertian yang disampaikan oleh Widyatun. Saya menggunakan kemampuan berpikir saya dalam menemukan ide untuk suatu kasus yang sedang saya hadapi, bahkan untuk penemuannya saya bilang spontan.
Contoh pada hari ini, tiap makan cookies Mahira tidak pernah habis.
Bahkan sebelum habis ia menggantinya dengan cookies yang baru lagi. Sehingga semua menjadi tugas saya untuk menghabiskannya karena jika dibuang tentu mubazir.

Ketika saya sudah cukup kenyang untuk  menghabiskan cookiesnya, saya bingung harus apa. Tergeletak hingga semut menghampiri atau saya habiskan lain waktu.

Sedihnya Komunikasi Produktif tidak bisa berjalan dengan efektif dalam keadaan ini, beberapa kaidah yang sesuai sudah saya coba. Akhirnya sayapun harus memikirkan cara lain.


Akhirnya ditemukannya ide yang mungkin bisa di tolak banyak orang karena alasan masing-masing. Namun saya mencoba ini dan berhasil. Saya menggunakan jepit jemuran yang memang saya cuci dan saya pakai untuk belajar mengenalkan warna pada Mahira.

Saya jepitkan cookiesnya pada warna yang Mahira pilih dan biarkan ia mengambil cookies dengan arahan warna yang saya sebutkan. Jadi kami bisa sekaligus ngemil sambil belajar. MasyaAllah. Mahirapun tidak mengganti-ganti cookiesnya lagi, ia memegang satu cookies hingga habis.

“Mahira coba ambil cookies dengan jepit merah!” instruksi saya.

“Miyah..miyah..” ucapnya seraya berpikir, mana warna merah yang Ibu maksud.

Kebetulan Cookiesnya habis dan diganti Marie. Ini dipinjem dulu untuk foto boleh. hehe...



#hari16
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6



No comments:

Post a Comment