October 12, 2018

Afirmasi positif melalui berbagai cara







DAY09-TantanganGameLevel2

Pada #Harike9 sekalipun kegiatan menyikat gigi bagi Mahira sudah berlangusng sejak giginya baru tumbuh, bahkan saat baby, gusi dan lidahnya saya bersihkan dengan silicon brush atau terkadang kain kasa dengan air hangat tapi afirmasi positif tetap berlangsung hingga sekarang.

Disamping sounding dan tauladan, saya juga memberikannya watching dari smart hafidz yang mengedukasi berupa nyanyian dengan kegiatan bada and friend menyikat gigi.

I wanna be clean so I brush my teeth
Up and down and underneath
I wanna be clean don’t you see
So, I brush my teeth because is good for me
Good for me
Brush..brush..brush..brush…

Begitulah sepenggal lirik yang membuat Mahira memahami bagaimana ia harus menyikat gigi, menggerakkan sikat ke atas dan bawah, menyikat seluruh bagian gigi yang sulit terjangkau.

Terkadang saya masih gemas untuk membantunya agar segera usai sikat gigi dan kotoran di giginya dapat bersih. Namun Mahira terus memekikkan: “Endiyi…endiyi..” yang asrtinya sendiri sambil mempertahankan sikat giginya di tangan.

Adegan berebut sikat gigi juga kerap terjadi, saya masih belum bisa memberikan kepercayaan sepenuhnya untuk ia menyikat giginya sendiri. Namun saya sadari jika itu salah. Maka jalan satu-satunya adalah terus memberi sounding, memperlihatkan ketauladanan dan afirmasi positif lainnya agar Mahira dapat menggerakkan sikat gigi sesuai dengan arahan dari saya.

Jika saat mencuci tangan saja bisa sekalipun saya harus bersabar lebih, dalam sikat gigipun saya harus bersabar lebih. Dalam kemandirian kali ini saya tidak mencapai goal yang besar seperti: Mahira dapat menyikat gigi sendiri. Namun jika Mahira sudah dapat menyadari kapan ia harus menyikat giginya pun saya akan sangat berbangga dan ini menjadi goal yang cukup luar biasa.

Hari kedua belajar menyikat gigi sesuai arahan tidak terlaksana dengan maksimal, Mahira masih ingin menguasai brush nya sendiri dan berlaku layaknya orang dewasa menyikat gigi namun tidak bisa. Besok saya akan mencontohkannya dengan video agar ia lebih bisa berlatih secara visual. Semoga berhasil..
Ibu terus semangat untuk membersamai Mahira belajar J





#Harike9
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#onedayonepost
#ODOP_6



No comments:

Post a Comment