October 31, 2018

For Admin ODOP with LOP (Tantangan Terakhir)





Alhamdulillah…

Tidak terasa sudah 2 bulan lamanya saya mengikuti ODOP (One Day One Posting). Komunitas yang membuat saya awalnya merasa begitu dipaksa untuk menulis, namun saya suka. Suka karena saya dipaksa untuk memiliki habit yang baik yaitu menulis. Hehe..

Ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan dalam surat cinta kali ini. Namun lebih tepatnya ke review dan merekomendasikan ODOP. Haha…

Suhu Komunitas
Para Admin ODOP saya tahu usianya muda-muda, haha… Mereka begitu fresh, semangat, aktif, konsisten dan loyalitasnya begitu tinggi. Sehingga saat saya masuk, suhu komunitasnya sangat terasa. Terasa seperti stand makanan di area kondangan: rame, hangat dan kenyang.

Sistem
Sejak proses pendaftaran ODOP yang saya temukan di feed ID ODOP, saya merasa cukup tertarik karena saat mengisi Gform registrasi, calon peserta harus menyertakan link tulisan dalam blognya. Kemudian tentunya diseleksi oleh tim. Saat pengumuman diterimanya di ODOP ada rasa gemuruh tapi dihadapi saja.

Kami dikumpulkan dalam wadah yaitu WAG ODOP Batch 6. Total peserta yang diterima dibagi menjadi beberapa kelompok dan dimasukkan dalam WAG kecil yang diberi nama unik.  Dalam proses pelaksanaan kegiatan di ODOP, tim menyediakan tiga WAG sebagai wadah kami berdiskusi dengan seluruh member (WAG ODOP Batch 6), berdiskusi dengan anggota kelompok (WAG Pulau Buru, dll), dan juga WAG Share Link (tempat khusus setor link).

Kami memiliki jadwal dari Senin-Jumat dengan materi yang sudah disiapkan tim. Dari Sejarah Komunitas ODOP, Teknis Blogging, Personal Branding, Konsistensi Menulis, Kesalahan penulis pemula, menulis dialog, menulis feature, menulis fiksi komedi, menulis biografi, menulis puisi dan lain-lainnya. Jadwal materi dalam satu pekan ada materi fiksi dan non fiksi di WAG Grup ODOP batch 6 dan Jadwal Blog Walking serta Bedah Karya di WAG Pulau. Terkadang ada kulwap dengan materi seru di grup besar ODOP.

Masuk menjadi salah satu penghuni Pulau Buru adalah rizki apalagi salah satu PJnya bisa saya lihat langsung tidak hanya di dunia maya saja. Haha… Admin atau PJ tersebut adalah Kak Saki, Ka Ilham dan Kak Herrisa. Saya suka system di ODOP, bijaksana dan tegas. Terkait batas waktu menulis, kami diberi kesempatan untuk rapel namun jika kesempatan itu tidak digunakan ya siap-siap saja akan di keluarkan.

Batas waktu itu kita kenal dengan Senin bersih-bersih, karena setiap hari Senin admin kami yang bernama Kak Saki bersih-bersih (meremove peserta yang tidak setor berturut-turut dan juga tidak rapel hingga batas yang ditentukan) masyaallah.

Mengenai bedah tulisan Kak Herrisa juga memulainya dengan jadwal yang teratur, mengshare jadwal Blog Walking. Walaupun di bagian akhir dia sempat tidak terlihat mungkin karena sibuk. Namun overall saya merasa nyaman saja di pulau buru, saya banyak mendapat ilmu, teman dan pengalaman. PJ Pulau buru sudah membawa kami dalam petualangan yang mungkin tak terlupakan. Banyak waktu, tenaga, biaya yang sudah mereka ikhlaskan untuk niat berbagi, niat mendiddik kami agar memiliki habit menulis yang baik. Semoga rahmat Allah selalu terlimpah untuk kalian semua.

Dear Admin ODOP yang di Rahmati Allah… 

Atas semua kerjakeras dan ketulusan hati kalian dalam berkontribusi terhadap kelangsungan ODOP. Izinkan saya memberi hadiah special untuk kalian, yaitu Doa.

Semoga Allah senantiasa limpahkan rizkinya dari segala penjuru kepada kalian. Berupa kesehatan, keselamatan, keamanan, perlindungan, rasa bahagia, dan kemampuan menghadapi berbagai persoalan. Semoga yang sudah menikah selalu dalam payung sakinah hingga Jannah bersama pasangan. Semoga yang belum menikah segera dipertemukan dengan jodoh yang terbaik menurutNya. Semoga semua amal kalian juga Allah ridhoi hingga terus bertumbuh menjadi pribadi yang loyal, inspiring, semangat dan terus menebar manfaat. Amin.

Dear Admin ODOP yang di Rahmati Allah…

Terimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berpetualang dalam Pulau Buru. Mohon dimaafkan jika sebagai peserta saya ada salah. Semoga semua yang kita lakukan diridhoi Allah. Amiin
With Smile,
Akmala

4 comments:

  1. Selamat karena bisa bertahan sampai akhir. Selamat menunggu kelulusan.

    ReplyDelete
  2. Aduh jadi ingat masa awal ng-ODOP nih

    ReplyDelete
  3. Barokallah..semoga setiap kebaikan yang tercurah, berlimpah rasa ikhlas, agar membawa pada kebaikan-kebaikan lain di masa depan

    ReplyDelete
  4. Barokallah..
    Semoga terus berkarya bersama-sama ya kita.

    ReplyDelete