October 3, 2018

Flowers are happy things







#Ibu Mahira berkisah mengenai: Bunga
# Hari 10


“Flowers are happy things.” — P G Wodehouse

Nga…
Begitulah saat Mahira mengucapkan bunga. Ibu akan berkisah mengenai bunga tidak menunggu saat Mahira dapat menyebutkan kata bunga dengan lengkap, dengarkan kisah Ibu hari ini ya nak..

Bunga atau Kembang dalam bahasa Inggris adalah Flower, dalam bahasa latin Flos. Ibu suka sekali saat Bu Widi, guru biologi Ibu saat SMP menjelaskan mengenai fungsi bunga pada tumbuhan. Ibu ingat sekali, dulu menggambar bunga tunggal dan juga hafal berbagai macam proses penyerbukan. MasyaAllah.. Kelak Mahira juga akan tahu fungsi bunga bagi tumbuhan ya..

Bunga itu dapat muncul secara tunggal maupun dalam satu rangkaian atau bunga majemuk. Bunga adalah bagian tanaman yang menghasilkan biji. Proses penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga, sehingga setelah proses pembuahan bunga akan berubah menjadi buah. MasyaAllah..

Buah pepaya, jeruk yang Mahira pegang hari ini berawal dari bunga yang telah melalui proses panjang untuk menjadi buah yang manis dan enak. MasyaAllah.. semua itu Allah yang mengaturnya nak..

Allah menciptakan bunga dengan warna yang cerah atau dengan aroma yang khas juga ada tujuannya nak, agar hewan terpikat dan membantu proses penyerbukan.

Ada juga tumbuhan yang membentuk bunga saat ia mengalami kekurangan air atau pada suhu yang rendah, contohnya adalah bunga kertas yang terkenal dengan nama Bougainvillea. Bunga itu dapat dianggap sebagai organ yang dapat bertahan pada kondisi kurang menguntungkan untuk pertumbuhan. MasyaAllah…

Bunga begitu indah Mahira… hampir semua orang suka melihatnya. MasyaAllah… Khususnya bunga yang penuh warna-warni dan beraroma wangi. Memiliki arti tersendiri bahkan sebagai tanaman hias.

Ada yang menjadikan bunga sebagai simbol yang memiliki makna tersendiri dari warnanya, bentuknya. Seperti halnya bunga Melati atau Sampaguita yang dijadikan bunga nasional di Filipina. Bunga melati putih juga salah satu dari bunga nasional Indonesia yang melambangkan kesucian, keanggunan, kesederhanaan dan ketulusan.

Saat Eyang Uti anak-anak, Uti sering sekali membantu para pegawai Mbahnya Uti untuk memetik bunga melati dipagi hari. Ada tanah yang cukup luas dekat laut, yang ditanami bunga melati oleh Mbah Uyutnya Ibu. Bunga Melati tersebut di petik saat masih kuncup. Kemudian nantinya akan disortir sebelum diserahkan ke pengumpul. Biasanya bunga dipesan oleh hotel untuk dekorasi. Bahkan bunga ini juga digunakan saat pernikahan, disamping untuk dekorasi juga untuk roncean pembungkus konde dan roncen usus-usus yang biasanya dipakai oleh pengantin pria dengan pernikahan adat jawa.

Masih banyak fungsi bunga lainnya Mahira, beberapa orang menggunakan bunga sebagai hadiah saat hari spesial, bahkan saat menjenguk orang sakit beberapa kalangan juga menjenguk dengan membawa bunga. Bunga dengan warna yang cantik dan aroma yang harum membuat orang tersebut senang.

#Day10
#BundaBerkisah
#Pejuang Literasi
#onedayonepost
#ODOP_6




No comments:

Post a Comment