October 11, 2018

Saat si kecil menyadari kapan harus mencuci tangan





DAY07-TantanganGameLevel2

Pada #Harike7 Saya ajak Mahira berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan. Kami membeli buah yang akan di bawa untuk bersilaturahmi ke kos-an adik saya (Tantenya Mahira). Saat tiba waktu ashar, kami melakukan ibadah sholat terlebih dahulu di mushola yang sudah disediakan. 

Mahira berjalan menuju kran terdekat dan meminta saya untuk membukakan kran, lalu ia pun mencuci tangan dan berwudu sebisanya. Kemudian ia mengikuti Utinya untuk melakukan gerakan sholat. MasyaAllah.. Tabarakallah..

Saat tiba dikos Tantenya, ia minta untuk mencuci tangan. Biasanya saya memang mencuci tangan jika habis berpergian. Memperlihatkan proses mencuci tangan seperti memberi afirmasi sikap yang dapat ia contoh kapan saja dan hari ini Mahira mencontohnya. Saya tidak pernah memaksa Mahira untuk bisa dengan one week one skill, namun perkembangan dari hari pertama hingga hari ketujuh ini sudah cukup luar biasa.

Saat kami makan buah bersama, kami juga senang saat Mahira mencari dimana tempat sampah berada, untuk membuang kulit buah yang menjadi produksi sampah kami hari ini. MasyaAllah…

Saat kami tiba kembali di rumah Eyang Uti, kami makan malam bersama. Mahira dengan piring nasinya di atas high chair, begitu sedap menyantap makan malamnya dengan tangan. Saat makan malamnya usai, Mahira meminta saya untuk mencucikan tanggannya. 

"Buk, uci angan" (Ibu cuci tangan)

Saat malam, kami mencuci tangan di kamar mandi atau wastafel dapur dan itu perlu bantuan orang dewasa untuk memutar kran karena posisi kran tinggi.


Kran yang biasa dipakai Mahira belajar mencuci tangan, letaknya cukup jauh jadi saat malam hari ia memang masih saya bantu untuk mmebuka krannya. Beberapa list penting yang disampaikan pada materi, saya ingin salah satunya mendesign rumah sesuai kepentingan anak. Jadi cukup saya syukuri, masih ada kran dalam bagian rumah ini yang ketinggiannya bisa dijangkau Mahira untuk proses belajar.

Goal kemandirian mencuci tangan untuk Mahira antara lain, ia dapat menyadari kapan harus mencuci tangannya, mencuci tangan dimana, dan seberapa tingkat bersih yang dimaksud, membuka dan menutup kran serta mengelap tangannya dengan handuk bersih atau lap bersih.

Alhamdulillah dalam goal proses belajar mencuci tangan ini, Mahira sudah bisa menyadari kaoan ia harus mencuci tangannya, sekalipun terkadang masih harus diingatkan. Mahira sudah tahu dimana ia harus mencuci tangan (tempat yang ada krannya), dengan tingkat kebersihan ala Mahira yang masih dibantu saya. Membuka dan menutup kran (dengan model kran handle yang sederhana) dan terakhir alhamdulillah Mahira mau mengelap tangannya saat basah sehabis mencuci tangan.

Proses belajar ini masih berlanjut lagi, namun besok InsyaAllah Ibu akan ajarkan skill lain yang tentunya Mahira sangat perlukan kedepannya. Bismillah..





#Harike6
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#onedaypnepost
#ODOP_6



No comments:

Post a Comment